PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSONAL FINANCIAL PLANNING GENERASI Z DENGAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2020)

NARINDA, DAMAYANTI (2025) PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY DAN LOVE OF MONEY TERHADAP PERSONAL FINANCIAL PLANNING GENERASI Z DENGAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2020). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi narinda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Personal financial planning di Indonesia semakin penting seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik untuk mencapai kestabilan finansial dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Fakta dalam praktiknya, banyak individu menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan mereka, seperti kurangnya disiplin, wawasan yang terbatas, dan kurangnya pemanfaatan teknologi keuangan secara efektif. Kemajuan teknologi yang terjadi telah mendorong perkembangan financial technology (fintech) sebagai solusi inovatif dalam pengelolaan keuangan. Di sisi lain, love of money atau sikap individu terhadap uang juga memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan keuangan. Literasi keuangan mencerminkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap individu dalam mengelola sumber daya keuangan secara bijak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial technology dan love of money terhadap personal financial planning generasi z dengan financial literacy sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan penggunaan kuesioner sebagai instrumen dalam pengambilan data. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa generasi z fakultas ekonomi dan bisnis UIN Raden Intan Lampung. Jumlah sampel sebanyak 98 responden dengan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah path analysis program smart PLS 4.0. dengan beberapa uji yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji hipotesis dan uji moderasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa financial technology dan love of money berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap personal financial planning, dan literasi keuangan tidak dapat memoderasi hubungan antara financial technology dan love of money terhadap personal financial planning. Kata Kunci : Personal Financial Planning, Financial Literacy, Financial Technology, Financial Experience, Generasi Z. ABSTRACT Personal financial planning in Indonesia is increasingly important as public awareness of the importance of good financial management to achieve financial stability and prepare for a better future. In fact, many individuals face challenges in managing their finances, such as lack of discipline, limited insights, and lack of effective utilization of financial technology. Technological advances have encouraged the development of financial technology (fintech) as an innovative solution in financial management. On the other hand, love of money or an individual's attitude towards money also plays an important role in financial decision-making. Financial literacy reflects an individual's knowledge, skills, and attitude in managing financial resources wisely. This study aims to examine the influence of financial technology and love of money on personal financial planning of generation z with financial literacy as a moderation variable. This type of research is quantitative research with the use of questionnaires as an instrument in data collection. The population of this study is generation z students of the Faculty of Economics of UIN Raden Intan Lampung. The number of samples was 98 respondents with sample collection using purposive sampling. The data analysis used is the path analysis of the PLS 4.0 smart program. With several tests carried out, namely validity tests, reliability tests, hypothesis tests and moderation tests. The results of the analysis show that financial technology and love of money partially have a positive and significant effect on personal financial planning, financial literacy cannot moderate the relationship between financial technology and love of money on personal financial planning. Keywords: Personal Financial Planning, Financial Literacy, Financial Technology, Financial Experience, Gen Z

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:09
Last Modified: 24 Jan 2025 07:09
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37050

Actions (login required)

View Item View Item