PENGARUH E-SECURITY DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Bandar Lampung)

HERANI, PUTRI (2025) PENGARUH E-SECURITY DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA (Studi Pada Pengguna Tokopedia Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI HERANI PUTRI Cover - BAB V.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dibalik perkembangan e-commerce yang pesat ternyata masih banyak penguna internet yang takut bertransaksi online baik untuk menjual maupun membeli barang. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya terjadi kasus cybercrime seperti penipuan virtual dan penyalah gunaan data diri yang diberikan kepada internet. Keamanan dan kualitas pelayanan memberikan kemudahan bagi pengguna konsumen, dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penulis menembahkan E-Satisfaction sebagai varibael mediasi untuk mempertimbangkan alasan mengapa merasa puas terhadap E-Security dan dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh E-Security dan E-Service Quality berpengaruh terhadap Repurchase Intention melalui E-Satisfaction sebagai variabel mediasi. Sumber penelitian ini menggunakan data primer yang asal data nya dari data asli yang dikumpulkan melalui pengisian kuesioner sebagai teknik pengumpulan data terhadap 96 responden. Populasi dan sampel pada penelitian ini merupakan penggunak E-Commerce Tokopedia di Bandar Lampung. Teknik pengambilan sample menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan kriteria 1) Menggunakan Aplikasi Tokopedia 2) Pernah melakukan transaksi pembelian barang di aplikasi Tokopedia 3) Berdomisili di Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik. Studi yang dilakukan penelitian adalah untuk mengukur terkait adanya pengaruh positif dari beberapa indikator pada setiap variabel didalamnya dengan menggunakan alat uji statistik SmartPLS 4.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil tersebut sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara E-Security terhadap Repurchase Intention, E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention, E�Security berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction, E�Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap E�Satisfaction, E-Security berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction sebagai variabel mediasi, iii E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan TerhadaE-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Repurchase Intention Melalui E-Satisfaction sebagai variabel mediasi. Kata Kunci: E-SECURITY, E-SERVICE QUALITY, E�SATISFACTION, E-COMMERC. ABSTRACT Behind the rapid development of e-commerce, it turns out that there are still many internet users who are afraid of making online transactions, both to sell and buy goods. This is because there are still many cybercrime cases such as virtual fraud and misuse of personal data provided on the internet. Security and quality of service provide convenience for consumer users, and influence purchasing decisions. The author adds E-Satisfaction as a mediating variable to consider the reasons why one feels satisfied with E-Security and E-Service Quality towards Repurchase Intention. The aim of this research is to determine the influence of E�Security and E-Service Quality on Repurchase Intention through E�Satisfaction as a mediating variable. The source of this research uses primary data which originates from original data collected through filling out questionnaires as a data collection technique for 96 respondents. The population and sample in this research are Tokopedia E-Commerce users in Bandar Lampung. The sampling technique uses a non-probability sampling method with a purposive sampling technique with the criteria 1) Using the Tokopedia application 2) Having made a transaction to purchase goods on the Tokopedia application 3) Domiciled in Bandar Lampung. The research method uses a quantitative approach with statistical methods. The study carried out was to measure the positive influence of several indicators on each variable in it using the SmartPLS 4.0 statistical test tool. Based on the research that has been carried out, these results are in accordance with the research hypothesis, namely that there is a positive and significant influence between E-Security on Repurchase Intention, E-Service Quality has a positive and significant influence on Repurchase Intention, E-Security has a positive and significant influence on E-Satisfaction, E -Service Quality has a positive and significant effect on E-Satisfaction, E-Security has a positive and significant effect on Repurchase Intention through E-Satisfaction as a mediating variable, E-Service Quality has a positive and significant effect on Repurchase Intention through E-Satisfaction as a mediating variable. Keywords : E-SECURITY, E-SERVICE QUALITY, E�SATISFACTION, E-COMMERC

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:54
Last Modified: 24 Jan 2025 03:54
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37045

Actions (login required)

View Item View Item