DWI, SEPTIANI (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN DI TINJAU DALAM PRESPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Produk Merek Aerostreet Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam era globalisasi yang ditandai oleh persaingan bisnis yang ketat, gaya hidup masyarakat mengalami perubahan signifikan menuju ke arah instan dan praktis, termasuk dalam hal belanja. Hal ini mendorong perusahaan untuk terus berinovasi, terutama dalam sektor ekonomi kreatif yang telah menjadi pilar penting perekonomian Indonesia. Tiga sektor utama yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) adalah kuliner (42%), fashion (18%), dan kriya (15%). Sektor fashion, khususnya industri sepatu, mengalami pertumbuhan pesat dengan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap penampilan dan gaya hidup. Merek lokal seperti AeroStreet berhasil menarik minat konsumen melalui kualitas, keberagaman produk, dan harga yang terjangkau. Dengan kombinasi strategi pemasaran yang efektif dan kolaborasi dengan merek besar, AeroStreet membangun loyalitas pelanggan yang tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sekala likert yang disebarkan kepada konsumen produk merek Aerostreet di Bandar Lampung sebanyak 100 responden melalui google form yang diuji menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menyebutkan variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli ulang (Y) sedangkan untuk hipotesis yang kedua (X2) Keberagaman produk dan Harga (X3) Berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (Y) dapat disimpulkan dari hasil uji bahwa variabel kualitas produk, keberagaman produk dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Kata Kunci: Kualitas Produk, Keberagaman Produk, Harga, Minat Beli Ulang. ABSTRACT In the era of globalization, marked by intense business competition, societal lifestyles have undergone significant changes toward convenience and practicality, including in shopping habits. This shift has driven companies to continuously innovate, particularly in the creative economy sector, which has become a key pillar of Indonesia's economy. Three main sectors contributing substantially to the Gross Domestic Product (GDP) are culinary (42%), fashion (18%), and crafts (15%). The fashion sector, especially the shoe industry, has experienced rapid growth due to increased consumer awareness of appearance and lifestyle. Local brands such as AeroStreet have successfully attracted consumer interest through product quality, diversity, and affordable prices. By combining effective marketing strategies and collaborations with major brands, AeroStreet has built strong customer loyalty. This is a quantitative study, and the data collection method used is a questionnaire, employing purposive sampling with a Likert scale distributed to 100 consumers of AeroStreet products in Bandar Lampung via Google Forms, and analyzed using IBM SPSS Statistics 25. The results of the study stated that the product quality variable (X1) has a positive but not significant effect on repurchase interest (Y), while for the second hypothesis (X2), product diversity and price (X3) have a positive and significant effect on repurchase interest (Y). It can be concluded from the test results that the product quality, product diversity and price variables simultaneously have a positive and significant effect on repurchase interest.. Keywords: Product Quality, Product Diversity, Price, Repurchase Intention
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 03:05 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 03:05 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/37034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |