PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN I N QU IRY TER BI MBI N G BER BA N TUA N MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN SELF AWARENESS KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

TRI, INDAH FATMAWATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN I N QU IRY TER BI MBI N G BER BA N TUA N MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN SELF AWARENESS KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI INDAH FATMAWATI 2011060170.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran biologi harus ditingkatkan kembali untuk melibatkan peserta didik di setiap proses pembelajaran. Dikarenakan pembelajaran yang bersifat teacher centered kurang melibatkan peserta didik dalam proses belajar. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan media diorama materi keanekaragaman hayati yang bertujuan untuk menambah pemahaman, wawasan dan kesadaran dengan tujuan dapat meningkatkan literasi sains dan self awareness peserta didik. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Desain penelitian yaitu Nonequivalent control grup design. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains, angket self awareness, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample test dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U adalah 37.500 untuk literasi sains, nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed = 0.005) menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (karena nilai Sig. < 0.05). Sedangkan hasil uji Independent Samples t-test pada self awareness, nilai signifikansi (Sig. (2-tailed) = 0.181) menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (karena nilai Sig. > 0.05). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan media diorama untuk meningkatkan literasi sains dan Tidak ada pengaruh dengan mengaitkan pembelajaran memakai model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan media diorama dalam meningkatkan self awareness pada peserta didik. Kata kunci : Inquiry terbimbing, media diorama, literasi sains, self awarenes iv ABSTRACT Biology learning activities must be increased again to involve students in every learning process. Because teacher-centered learning does not involve students in the learning process. Therefore, researchers use a guided inquiry learning model assisted by diorama media on biodiversity material which aims to increase understanding, insight and awareness with the aim of increasing students' scientific literacy and self-awareness. This research is quantitative research with a Quasi Experimental Design type of research. The research design is an unequal control group design. The research instruments are scientific literacy tests, self-awareness questionnaires, observation and documentation. Hypothesis testing uses the Independent Sample Test and the Mann Whitney test. Based on the results of the Mann-Whitney U 37.500 test for scientific literacy, the significance value (Asymp. Sig. 2-tailed = 0.005) shows that there is a significant difference between the experimental class and the control class (because the Sig. value < 0.05). Meanwhile, the results of the Independent Samples t-test on self-awareness, the significance value (Sig. (2-tailed) = 0.181) shows that there is no significant difference between the experimental class and the control class (because the Sig. value is > 0.05). It can be concluded that there is an influence of the guided inquiry learning model assisted by diorama media in increasing scientific literacy and there is no influence with learning using the guided inquiry learning model assisted by diorama media in increasing self-awareness in students. Keywords: Guided inquiry, dioramma media, scientific literacy, self�awarenes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:55
Last Modified: 13 Jan 2025 03:55
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36953

Actions (login required)

View Item View Item