PERAN RUMAH PINTAR ADZKIA DALAM MENINGKATKAN SOSIALISASI PADA ANAK DI DESA GUNUNG AJI KABUPATEN OKU SELATAN

RAHMA, WATI (2025) PERAN RUMAH PINTAR ADZKIA DALAM MENINGKATKAN SOSIALISASI PADA ANAK DI DESA GUNUNG AJI KABUPATEN OKU SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi RAHMA WATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini anak-anak tumbuh di era teknologi digital dan internet yang memiliki tantangan begitu besar. Sehingga dibutuhkan ruang atau lembaga yang memiliki layanan pembelajaran bagi anak-anak, seperti pendidikan formal dan non formal. Rumah Pintar Adzkia merupakan sebuah wadah atau tempat anak-anak untuk belajar mandiri, kreatif, dan berkarakter positif. Dengan menyediakan program kegiatan seperti, pendampingan membaca buku, belajar bahasa inggris, belajar computer, cooking class, go green dan seni tari. Dengan menyediakan berbagai program kegiatan, Rumah Pintar Adzkia berupaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anak-anak dalam suasana yang menyenangkan. Berdasarkan permasalahan diatas penulis merumuskan beberapa rumusan masalah. Yang pertama, bagaimana peran Rumah Pintar Adzkia dalam meningkatkan sosialisasi pada anak di desa Gunung Aji? dan yang kedua bagaimana strategi Rumah Pintar Adzkia dalam meningkatkan sosialisasi pada anak di desa Gunung Aji? Tujuan penelitian untuk mengetahui peran apa yang dilakukan Rumah Pintar Adzkia dalam meningkatkan sosialisasi pada anak, untuk mengetahui strategi apa yang digunakan Rumah Pintar Adzkia dalam meningkatkan sosialisasi pada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Reserch). Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan beberapa tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah Teori Sosialisasi dari George Herbert Mead. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Rumah Pintar Adzkia berdampak positif dalam meningkatkan minat belajar dan kepercayaan diri anak-anak. Dengan mengembangkan lima sentra sebagai pusat kegiatan belajar yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak, yaitu sentra buku, sentra bermain, sentra panggung dan sentra kriya. Melalui sentra ini yang fokus pada pengembangan kemampuan bersosialisasi, berbahasa, keterampilan sosial, dan kegiatan kreatif, Rumah Pintar Adzkia menjadi ruang bagi anak-anak untuk belajar sambil berinteraksi dengan teman sebaya, membangun kepercayaan diri, menjadi pribadi yang lebih mandiri dan memperluas wawasan mereka. Dengan demikian, rumah pintar di Desa Gunung Aji tidak hanya mendukung pendidikan formal, tetapi juga membantu membentuk karakter dan keterampilan sosial anak-anak, yang sangat penting untuk masa depan mereka. Strategi Rumah Pintar Adzkia dalam meningkatkan sosialisasi pada anak, menerapkan kegiatan belajar secara berkelompok, di mana anak anak diajak untuk bekerja sama, berdiskusi, dan saling bertukar pengetahuan. Melalui strategi ini, diharapkan anak-anak tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, tetapi juga keterampilan sosial yang penting, seperti kerja sama, komunikasi, dan rasa percaya diri. Hal ini membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan interaksi sosial yang lebih baik. Kata Kunci : Peran, Rumah Pintar, Sosialisasi. ABSTRACT Nowadays, children grow up in the era of digital technology and the internet, which has so many challenges. So it takes a space or institution that has learning services for children, such as formal and non-formal education. Rumah Pintar Adzkia is a place for children to learn independently, creatively, and with positive character. By providing activity programs such as, book reading assistance, learning English, learning computers, cooking class, go green and dance art. By providing various activity programs, Rumah Pintar Adzkia seeks to improve children's skills and knowledge in a fun atmosphere. Based on the above problems, the author formulates several problem formulations. First, what is the role of Rumah Pintar Adzkia in improving socialization in children in Gunung Aji village? and second, what is the strategy of Rumah Pintar Adzkia in improving socialization in children in Gunung Aji village? The purpose of the study is to find out what role the Rumah Pintar Adzkia plays in improving socialization in children, to find out what strategies the Rumah Pintar Adzkia uses in improving socialization in children. The method used in this research uses qualitative with descriptive nature and uses the type of field research (Field Reserch). Data collection methods are observation, interviews and documentation. The data analysis in this study uses descriptive analysis method by using several stages, namely: data reduction, data presentation, and data verification. Selection of informants in this study using Purposive Sampling technique. The theory used to analyze in this research is Socialization Theory from George Herbert Mead. The results of this study show that the role of Rumah Pintar Adzkia has a positive impact in increasing children's interest in learning and self-confidence. By developing five centers as learning activity centers designed to provide fun and interactive learning experiences for children, namely the book center, play center, stage center and craft center. Through these centers that focus on the development of socialization, language, social skills and creative activities, Rumah Pintar Adzkia provides a space for children to learn while interacting with peers, building confidence, becoming more independent and broadening their horizons. Thus, the smart house in Gunung Aji Village not only supports formal education, but also helps shape children's character and social skills, which are crucial for their future. Rumah Pintar Adzkia strategy in improving socialization in children, implementing learning activities in groups, where children are invited to work together, discuss and exchange knowledge. Through this strategy, it is hoped that children will not only gain knowledge in the field of education, but also important social skills, such as cooperation, communication, and self-confidence. This helps them to develop better communication and social interaction skills. Keywords: Role, Rumah Pintar, Socialization.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:39
Last Modified: 13 Jan 2025 03:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36952

Actions (login required)

View Item View Item