SRI, WAHYUNI (2025) PENGARUH MARKETING ORIENTATION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DENGAN INNOVATION CAPABILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UMKM Kripik Tahu Bu Lis Gadingrejo). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tantangan yang dihadapi UMKM Kripik Tahu Bu Lis dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, terutama dengan banyaknya agroindustry tahu serupa di pasar lokal. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, peningkatan penjualan belum signifikan. Penelitian ini bertujuan untu menguji pengaruh marketing orientation dan kualitas produk terhadap peningkatan penjualan dengan innovation capability sebagai mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online menggunakan Google Form dan wawancara. Populasi penelitian adalah karyawan, konsumen dan pemilik usaha Kripik Tahu Bu Lis, dengan teknik purposive sampling dengan sampel 70 responden. Data dianalisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing orientation dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Pemahaman yang baik tentang kebutuhan konsumen serta produk berkualitas mampu meningkatkan penjualan. Marketing orientation juga mendorong adanya innovation capability melalui pemahaman kebutuhan pelanggan, sedangkan kualitas produk yang baik meningkatkan kepercayaan konsumen, yang memotivasi perusahaan untuk terus berinovasi. Innovation capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, Perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pasar yang akhirnya mendorong peningkatan penjualan. Selain itu, innovation capability bertindak sebagai variabel mediasi parsial karena kemampuan inovasi memungkinkan perusahaan menciptakan produk atau layanan baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini memperkuat efek marketing orientation dalam memahami pelanggan dan kualitas produk dalam membangun kepercayaan, sehingga secara tidak langsung memberikan dampak yang lebih besar terhadap peningkatan penjualan. Kata kunci : Innovation Capability, Kualitas Produk, Marketing Orientation, Peningkatan Penjualan. ABSTRACT This research examines the challenges faced by Bu Lis Tofu Chips MSMEs in facing increasingly tight market competition, especially with the large number of similar tofu agro industries in the local market. Although various efforts have been made, the increase in sales has not been significant. This research aims to test the influence of marketing orientation and product quality on increasing sales with innovation capability as mediation. The method used in this research is a quantitative method by collecting data through online questionnaires using Google Form and interviews. The research population was employees, consumers and business owners of Bu Lis Tahu Chips, using a purposive sampling technique with a sample of 70 respondents. Data was analyzed using SmartPLS. The research results show that marketing orientation and product quality have a positive and significant effect on increasing sales. A good understanding of consumer needs and quality products can increase sales. Marketing orientation also encourages innovation capability through understanding customer needs, while good product quality increases consumer confidence, which motivates companies to continue to innovate. Innovation capability has a positive and significant effect on increasing sales, the Company can meet market needs which ultimately encourages increased sales. In addition, innovation capability acts as a partial mediating variable because innovation capability allows companies to create new products or services that are more in line with market needs. This strengthens the effect of marketing orientation in understanding customers and product quality in building trust, so that it indirectly has a greater impact on increasing sales. Keywords: Innovation Capability, Product Quality, Marketing Orientation, Increased Sales.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:09 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:09 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |