PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA E-WALLET GOPAY PADA GENERASI Z DALAM PERFEKTIF MANAJEMEN SYARIAH (Studi Pada Generasi Z di Kota Bandar Lampung)

Anggi, Pradani (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA E-WALLET GOPAY PADA GENERASI Z DALAM PERFEKTIF MANAJEMEN SYARIAH (Studi Pada Generasi Z di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Bismillah Skripsi Anggi Pradani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di era modern dan kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan penggunaan teknologi berkembang dengan pesat untuk memenuhi kebutuhan manusia di berbagai aspek kehidupan. Sama halnya di bidang keuangan atau finansial juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sistem pembayaran saat ini telah ditembus dengan menggunakan instrumen elektronik non tunai yang lebih efisien dan ekonomis sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi seperti kartu kredit, kartu debit, E-Wallet, kartu ATM. Oleh sebab itu peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pengguna, apakah persepsi kemudahan dan persepsi kemanfatan berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pengguna dan Bagaimana pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap Keputusan Pengguna E-Wallet GoPay dalam perspektif Manajemen Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.penelitian ini dilakukan pada generasi Z di kota bandar lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode analisi data menggunakan SEM (struktursl equation modeling) dengan menggunakan part least square dan pengelolaan data dilakukan menggunakan software smart Pls 4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis pertama tidak didukung, yaitu persepsi kemudahan (x1) tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna (y) hipotesis kedua persepsi kemanfaatan (x2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna (y) dan persepsi kemudahan (x1) dan persepsi kemanfaatan (x2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna (y) Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Keputusan Pengguna. ABSTRACT In the modern era and current technological advances, the use of technology is growing rapidly to meet human needs in various aspects of life. Likewise, the financial sector has also experienced quite significant developments. The current payment system has been penetrated by using non-cash electronic instruments which are more efficient and economical as a result of developments in information technology such as credit cards, debit cards, E-Wallet, ATM cards. Therefore, researchers want to conduct further research to answer the problem formulation in this research, namely whether perceived convenience and perceived usefulness partially influence user preferences, whether perceived ease and perceived usefulness simultaneously influence user preferences and how do perceived convenience and perceived usefulness influence towards GoPay E-Wallet user preferences from a Sharia Management perspective. This research uses a quantitative approach. This research was conducted on generation Z in the city of Bandar Lampung. The sample in this study amounted to 97 respondents. The data collection method was carried out by distributing questionnaires. The data analysis method uses SEM (structural equation modeling) using least squares and data management is carried out using Smart Pls 4 software. The results of this research show that the first hypothesis is not supported, namely that perceived convenience (x1) has no significant effect on user decision (y). The second hypothesis is that perceived usefulness (x2) has a positive and significant effect on user decision (y) and perceived convenience (x1) and perceived usefulness (x2) simultaneously has a positive and significant effect on user decision (y) Keywords: Perceived Convenience, Perceived Usefulness and user decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:52
Last Modified: 08 Jan 2025 07:52
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36920

Actions (login required)

View Item View Item