PENGARUH HALAL AWARENESS, PRODUCT QUALITY DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Muslim UMKM Robbani Snack Di Bandar Lampung)

Shindy, Chairunisa (2025) PENGARUH HALAL AWARENESS, PRODUCT QUALITY DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Konsumen Muslim UMKM Robbani Snack Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I DAN V.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHINDY CHAIRUNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan terkait tentang volume penjualan pada konsumen muslim di Bandar Lampung dari UMKM Robbani Snack tahun 2023 yang mengalami ketidakstabilan,dan didukung dengan hasil pra penelitian yang peneliti lakukan terhadap 40 responden, namun hanya 32 responden yang menanggapinya pada konsumen yang membeli ataupun mengonsumsi produk UMKM Robbani Snack.Hasilnya konsumen muslim di Kota Bandar Lampung mayoritas belum mengetahui tentang konsep produk halal,belum menyadari tentang produk yang berkonsep halal, konsumen banyak yang tidak memperhatikan labelisasi halal saat membeli produk UMKM Robbani Snack,konsumen yang masih belum sadar tentang pentingnya halal suatu produk dan tidak semua konsumen menyadari akan halal awareness pada produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel halal awareness, product quality dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pada Konsumen Muslim UMKM Robbani Snack Di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif.Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalu google form kepada Konsumen Muslim UMKM Robbani Snack Di Bandar Lampung. Populasi sebanyak 1.100.109 dan sampel yang digunakan sebanyak 100 pengguna. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis yang diolah menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awareness, product quality dan labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Robbani Snack secara parsial. Dalam perspektif bisnis Islam, mayoritas responden setuju jika dalam membeli ataupun mengonsumsi suatu produk hal yang harus diperhatikan adalah halal awareness, product quality dan label halal. Hal ini tentunya sesuai dengan salah satu konsep bisnis dalam Islam yaitu konsep kesatuan atau tauhid. Kata Kunci: Halal Awareness, Keputusan Pembelian, Label Halal, Product Quality. ABSTRACT This study describes the sales volume of Muslim consumers in Bandar Lampung from UMKM Robbani Snack Pringsewu in 2023 experiencing instability, also supported by the results of pre-research conducted by researchers on 40 respondents, but only 32 respondents who responded had bought or consumed UMKM Robbani Snack Pringsewu products that Muslim consumers in Bandar Lampung City do not know about the concept of halal products, are not aware of products with a halal concept, many consumers do not pay attention to halal labeling when buying UMKM Robbani Snack products, many consumers are still not aware of the importance of halal a product and not all people/consumers are not aware of halal awareness of the product. The purpose of this study was to determine whether the variables of halal awareness, product quality and halal labeling affect purchasing decisions of Muslim Consumers of UMKM Robbani Snack in Bandar Lampung. This study uses a quantitative approach method. The data used is primary data by distributing questionnaires online via Google Form to Muslim Consumers of UMKM Robbani Snack in Bandar Lampung. The population was 1,100,109 and the sample used was 100 users. The data analysis used was validity testing, reliability testing and hypothesis testing processed using SmartPLS 4. The results of this study indicate that the variables halal awareness, product quality and halal labeling have a positive and significant effect on user satisfaction partially. In the perspective of Islamic business, the majority of respondents agree that when buying a product, the things that must be considered are halal awareness, product quality and halal labels. This is certainly in accordance with one of the business concepts in Islam, namely the concept of unity or tauhid. Keywords: Halal Awareness, Purchasing Decision, Halal Label, Product Quality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2025 04:29
Last Modified: 08 Jan 2025 04:29
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36900

Actions (login required)

View Item View Item