PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH LAMPUNG BARAT

Anelia, Eka Maresinta (2024) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya nasabah yang memiliki loyalitas tinggi dapat menjadi mitra atau partner sejati dalam mengembangkan produk baru suatu perusahaan. Menjaga kepuasan dan loyalitas nasabah pada bidang bisnis masa kini adalah tuntutan yang harus segera dilaksanakan agar keberadaan bank dapat tetap terjaga. Nasabah yang puas dan loyal ini akan memanfaatkan kembali jasa tersebut. Kemudian untuk mencapai kepuasan dan loyalitas nasabah maka bank harus mampu menentukan strategi pemasaran yang tepat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang segnifikan antara variabel kualitas layanan, produk dan promosi terhadap loyalitas nasabah dengan menggunakan mediasi kepuasan nasabah. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang segnifikan antara variabel kualitas layanan, produk dan promosi terhadap loyalitas nasabah dengan menggunakan mediasi kepuasan nasabah yang diuji baik secara parsial maupun secarta simultan. Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang sedang berlaku, di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis, dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan uji data dan bantuan aplikasi SPSS 22.00 dan WrapPLS 7.0. Berdasarkan hasil uji satistik secara parsial dan simultan menunjukan bahwa variabel kualitas layanan, produk, dan promosi dan kepuasan nasabah sebagai variabel yang memediasi memiliki pengaruh yang menunjukan arah sejajar terhadap loyalitas nasabah. Hasil analisis tersebut diperkuat dengan pernyataan bahwa semakin besar nilai dari kepuasan nasabah pada suatu perusahaan yang dihasilkan maka pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah juga akan semakin baik. Kata kunci: Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, Loyalitas Nasabah, Produk, dan Promosi. ABSTRACT The existence of customers who have high loyalty can be a true partner in developing a company's new products. Maintaining customer satisfaction and loyalty in today's business sector is a demand that must be implemented immediately so that the existence of the bank can be maintained. Satisfied and loyal customers will reuse the service. Then to achieve customer satisfaction and loyalty, the bank must be able to determine the right marketing strategy. The formulation of the problem in this study is whether there is a significant influence between the variables of service quality, products and promotions on customer loyalty using customer satisfaction mediation. The purpose of this study is to determine whether there is a significant influence between the variables of service quality, products and promotions on customer loyalty using customer satisfaction mediation which is tested both partially and simultaneously. This type of research uses quantitative data. This research is descriptive quantitative in nature which aims to describe what is currently happening, in which there are efforts to describe, record, analyze, and interpret conditions that are currently occurring or existing. The data used in this study are secondary data analyzed using data testing and the help of SPSS 22.00 and WrapPLS 7.0 applications. Based on the results of partial and simultaneous statistical tests, it shows that the variables of service quality, products, and promotions and customer satisfaction as mediating variables have an influence that shows a parallel direction towards customer loyalty. The results of this analysis are reinforced by the statement that the greater the value of customer satisfaction in a company that is produced, the better its influence on customer loyalty will be. Keywords: Customer Satisfaction, Service Quality, Customer Loyalty, Product, and Promotion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:51
Last Modified: 06 Jan 2025 02:51
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36851

Actions (login required)

View Item View Item