Aulia, Dwi Oktafianisa (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) - SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Tantangan utama dalam pendidikan adalah penerapan model atau pendekatan yang efektif dalam pembelajaran. Selain model pembelajaran yang tepat, penggunaan media pembelajaran yang sesuai juga menjadi tantangan yang signifikan. Hasil observasi di SMAN 1 Sekincau menunjukkan bahwa bahan ajar berupa E-modul, khususnya materi inovasi teknologi biologi belum tersedia sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-modul inovasi teknologi biologi berbasis PBL-STEM, mengetahui kelayakan E-modul, mengetahui respon pendidik dan peserta didik, serta mengetahui keefektifan penggunaan E-modul. Keterbaruan dari penelitian ini adalah penyajian materi inovasi teknologi biologi dengan model PBL terintegrasi STEM yang dihadirkan secara dinamis melalui integrasi multimedia dan kuis yang interaktif serta pengerjaan tugas yang paperless (tanpa kertas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Serta media yang digunakan untuk mengembangkan E-modul adalah Google sites, Canva, Liveworksheets, dan Nearpod. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata dari ahli materi sebesar 87% dengan kategori sangat layak, ahli model pembelajaran sebesar 80% dengan kategori layak, ahli media sebesar 83% dengan kategori layak, dan ahli bahasa sebesar 79% dengan kategori layak. Pada uji coba produk diperoleh hasil persentase rata�rata dari angket respon pendidik sebesar 90% dengan kategori sangat menarik dan angket respon peserta didik sebesar 91% dengan kategori sangat menarik. Hasil uji T-test menghasilkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 = H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan e-modul PBL-STEM dan yang tidak menggunakan. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa E-modul yang dikembangkan layak dan menarik untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: E-modul, Google Sites, Inovasi Teknologi Biologi, Model Pengembangan 4D, Problem Based Learning (PBL), STEM iv ABSTRACT The main challenge in education is the implementation of effective models or approaches in learning. Apart from appropriate learning models, the use of appropriate learning media is also a significant challenge. The results of observations at SMAN 1 Sekincau show that teaching materials in the form of e-modules, especially biological technology innovation material, are not yet available, so it is necessary to develop more innovative and relevant learning media. The aim of this research is to develop a PBL-STEM based biological technology innovation e-module, determine the feasibility of the e-module, determine the response of educators and students, and determine the effectiveness of using the e-module. The novelty of this research is the presentation of biological technology innovation material with an integrated STEM PBL model which is presented dynamically through the integration of multimedia and interactive quizzes as well as paperless assignments. The method used in this research is Research and Development (R&D) with a 4D development model. The media used to develop e-modules are Google sites, Canva, Liveworksheets, and Nearpod. The research results show that the average percentage of material experts is 87% in the very appropriate category, learning model experts are 80% in the appropriate category, media experts are 83% in the appropriate category, and language experts are 79% in the appropriate category. In product trials, the average percentage results from the teacher response questionnaire were 90% in the very interesting category and the student response questionnaire was 91% in the very interesting category. The T-test test results produce a Sig value. 0.000 < 0.05 = H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there are differences in learning outcomes between students who use the PBL-STEM e-module and those who do not. So it can be concluded that the e-module developed is feasible and interesting to use and is effective in improving student learning outcomes. Keywords: E-Modules, Google Sites, Biological Technology Innovation, 4D Development Model, Problem Based Learning (PBL), STEM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 03:55 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 03:55 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |