PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL SISTEM EKSKRESI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN MULTI REPRESENTASI (PBL-MRs) PADA SISWA KELAS XI

ADINDA, TRISNA MARISKA (2024) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL SISTEM EKSKRESI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DAN MULTI REPRESENTASI (PBL-MRs) PADA SISWA KELAS XI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of (SKRIPSI) Adinda Trisna Mariska cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Modul digital yaitu sebuah sumber belajar yang dirancang secara sistematis serta didasarkan pada kurikulum dan disajikan dalam satuan waktu tertentu dengan menggunakan sebuah media elektronik. Kurangnya bervariasi dalam proses pembelajran dapat membuat peserta didik kurang besemangat dalam belajar. Berdasarkan permasalahan yang ada di lapangan, yaitu pembelajaran yang dilaksanakan, khususnya pada mata pelajaran biologi pembelajarannya masih menggunakan bahan ajar berupa buku paket yang disediakan dari sekolah. Sehingga hal tersebut menyebabkan beberapa peserta didik merasa kurang bervariasi saat pembelajaran. Modul digital dapat memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk kegiatan pembelajaran sehingga tidak memerlukan tenaga untuk membawa ke sekolah dan mudah diakses oleh siapa pun serta memudahkan peserta didik untuk belajar di rumah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Model pengembangan tersebut mempunyai 4 tahapan dalam pengembangannya yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Modul digital ini divalidasi oleh enam validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu angket, analisis kebutuhan wawancara, angkat validasi, ahli angket, tanggapan peserta didik, dan angket tanggapan pendidik. Populasi yang digunakan yaitu kelas XI Ipa SMA Negeri 1 Seputih Banyak dengan jumlah 16 peserta didik untuk uji coba skala kecil dan 50 peserta didik uji coba skala besar. Hasil dari pengembangan menunjukkan bahwa modul digital sistem ekskresi berbasis problem based learning dan multi representasi (PBL-MRs) sangat layak digunakan. Nilai rata rata dari validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 88,02%, ahli media memperoleh nilai sebesar 92,36% dan ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,62%. Kemudian Respon peserta didik memperoleh rata-rata 84,09% untuk uji coba skala kecil dan uji coba skala luas memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,93%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan layak untuk dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Modul Digital, Multi Representasi, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi. iv ABSTRACT Digital module are a learning resource that is systematically designed and based on the curriculum and presented in a certain time unit using an electronic media. Lack of varied in the process of learning can make learners less enthusiastic in learning. Based on the problems that exist in the field, namely the learning that is carried out, especially in the biology subjects of still use teaching materials in the form of package books provided from schools. So that causes some learners to feel less varied during learning. Digital modules can provide ease for learners for learning activities so that it does not require energy to bring to school and is easily accessible to anyone and makes it easier for learners to study at home. The type of research used is development research or R&D using the 4D development model of Thiagarajan. The development model has four stages in its development: definition, design, development, and dissemination. This digital module is validated by six validators. Data collection techniques used, namely questionnaires, analysis of interview needs, raising validation, questionnaire experts, student responses, and educator response questions. The population used is class XI Ipa SMA Negeri 1 Seputih Banyak with a number of 16 learners for small-scale trials and 50 broad-scale trial learners. The results of the development show that the digital module of problem-based and multi-representation (pbl-mrs) excretion systems is very feasible to use. The average value of the validation of the material expert obtained a value of 88.02%, the media expert obtained a value of 92.36% and the linguist obtained an average value of 90.62%. Then the learner's response earned an average of 84.09% for small-scale trials and the wide-scale trials earned an average score of 83.93%. Based on these data, it can be concluded that the product that has been developed is worthy of use during the learning process. Keywords: Digital Module, Excretory system, Multi Representation, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2024 06:53
Last Modified: 30 Dec 2024 06:53
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36818

Actions (login required)

View Item View Item