PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SD N 6 KELAPA TUJUH

Siwe, Nurani Halmahera (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) BERBANTUAN LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPAS DI SD N 6 KELAPA TUJUH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SIWE NURANI HALMAHERA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar sebagian peserta didik kelas IV pada mata Pelajaran IPAS di SD N 6 Kelapa Tujuh dikarenakan sebagian peserta didik masih kesulitan dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut peserta didik perlu diberikan kebebasan untuk mengemukakan ide atau gagasan dengan menerapkan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di SD N 6 Kelapa Tujuh. Model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) memberikan kesempatan atau kebebasan kepada peserta didki untuk mengemukakan ide atau gagasan dengan bekerja sama dengan peserta didik lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy Eksperimental, dan desain penelitiannya prettest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 48 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probability untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dan kelas IV B sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu test soal IPAS dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal yang sudah diuji cobakan dan dilakukan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Untuk analisis data digunakan uji pra-syarat analisis, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent test. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji-T dengan menggunakan SPSS 25.0 hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai Sig 0,017. Karena nilai Sig 0,017<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS peserta didik di kelas IV di SD N 6 Kelapa Tujuh. Kata Kunci : Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science), Hasil Belajar,Quasy Eksperimental

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2024 04:37
Last Modified: 30 Dec 2024 04:37
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36806

Actions (login required)

View Item View Item