Novita, Dwi Marshela (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME AQUATICO DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SDN 1 TANJUNG SENANG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (7MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media board game aquatico dalam pelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar dengan menggunakan media board game aquatico dapat belajar sambil bermain dan bisa dibawa kemana mana agar tercapai pembelajaran yang efektif, efesien dan berdaya guna menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development (R&D) adapun prosedur yang digunakan menggunakan model dari Robert Maribe Branch yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket yang diberikan kepada tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dan juga diberikan kepada pendidik serta peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Setelah produk diuji cobakan dan dinyatakan layak selanjutnya produk dilakukan pengukuran pada aktivitas produk dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan test soal pilihan ganda dan esai. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa nilai kelayakan produk oleh ahli media sebesar 78% dengan kategori ―layak‖, penilaian dari ahli materi 91% dengan kategori ―sangat layak‖ dan penilaian ahli bahasa 85% dengan kategori ―sangat layak‖. Angket respon kedua pendidik memporoleh nilai rata-rata 97% dengan kategori ―sangat layak‖. Angket respon peserta didik skala kecil memporoleh nilai rata-rata 83% dan angket respon skala besar 82,6%. Hasil post test peserta didik skala kecil memporoleh nilai rata rata kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran 84 dan hasil post peserta didik skala besar memporoleh nilai rata-rata kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran 85. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang proses pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: ADDIE, Board Game Aquatico,Hasil Belajar. ABSTRACT This study aims to produce aquatico board game media in IPAS lessons to improve the learning outcomes of students in elementary schools by using aquatico board game media, they can learn while playing and can be carried anywhere to achieve effective, efficient and useful learning. This study uses the research and development method or Research and Development (R&D) and the procedure used uses the Robert Maribe Branch model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data collection instrument in this research and development uses a questionnaire given to three experts, namely media experts, material experts and language experts and is also given to educators and students with the aim of determining the level of product feasibility. After the product has been tested and declared feasible, the product is then measured on product activity in improving learning outcomes using multiple choice and essay questions. The results of the research and development show that the value of product feasibility by media experts is 78% with the category "feasible", the assessment from material experts is 91% with the category "very feasible" and the assessment of language experts is 85% with the category "very feasible". The second educator response questionnaire obtained an average value of 97% with the category "very feasible". The small-scale student response questionnaire obtained an average value of 83% and the large-scale student response questionnaire 82.6%. The results of the small-scale student post-test obtained an average value of the learning objective completion criteria of 84 and the results of the large-scale student post-test obtained an average value of the learning objective completion criteria of 85. Thus, the products developed by researchers can be used and support the learning process and are effective in improving student learning outcomes. Keywords: ADDIE, Aquatico Board Game, Learning Outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:28 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:28 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |