PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Mika, Syafira (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 7E terhadap self confidence peserta didik kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 2 kelas yang dipilih berdasarkan Cluster Sampling. Teknik ini merupakan pengambilan sampel beberapa kelompok Secara acak dari populasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah memberikan angket untuk mengukur self confidence. Berdasarkan indikator self confidence. Hasil Penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji hipotesis yang dipakai pada Penelitian ini, yaitu uji T independent self confidence diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model learning cycle 7E terhadap self confidence peserta didik kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hal ini maka dapat dikatakan bahwa penerapan model learning cycle 7E lebih baik dibandingkan model direct instruction. Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Self Confidence iv ABSTRACT This study aims to determine the influence of the 7E learning cycle model on the self-confidence of students in grade IV MIN 2 Bandar Lampung. This study is a quasi-experimental research with a posttest only control design. The population of this study is students of class IV MIN 2 Bandar Lampung. The sample used was as many as 2 classes selected based on Cluster Sampling. This technique is the sampling of several groups randomly from the population. The data collection technique carried out is to provide a questionnaire to measure self-confidence. Based on self-confidence indicators. The results of the research were obtained based on the results of the hypothesis test used in this study, namely the independent self confidence T test obtained a value of Sig. (2 tailed) of 0.000 < 0.05, then Rejected and Accepted. It can be concluded that there is a significant influence between the use of the 7E learning cycle model on the self-confidence of grade IV students. Keywords : Learning Cycle 7E, Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:30
Last Modified: 24 Dec 2024 03:30
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36760

Actions (login required)

View Item View Item