PUTRI, KHUROTA AYUN (2024) PENGARUH PERSEPSI RISIKO BELANJA ONLINE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Masyarakat Desa Bandar Negeri Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur ). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu perkembangan teknologi internet dibidang perdagangan yaitu E-commerce. Disaat maraknya jual beli secara online seperti terjadi saat ini. masih banyak masyarakat yang takut dan ragu untuk melakukan belanja secara online. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Persepsi Resiko Belanja Onlie dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Beli Secara Online dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner online google form kepada masyarakat Desa Bandar Negeri. populasi dalam penelitian ini masyarakat desa Bandar Negeri yang pernah melakukan pembelian secara online melalui shopee yang tidak diketahui jumlahnya atau tidak terbatas. Sample yang digunakan berjumlah 100 orang dengan mnggunakan rumus lemeshow, diambil dengan cara purposive sampling. Analisis data yang digunakan diolah menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat beli secara online, Electronic Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli secara online, kepercayaan tidak mampu memoderasi/memperlemah hubungan antara persepsi risiko terhadap minat beli secara online, dan kepercayaan memoderasi/memperkuat hubungan antara Electronic Word Of Mouth terhadap minat beli secara online. Kata Kunci: Persepsi Risiko, Electronic Word Of Mouth, Minat Beli, Kepercayaan. ABSTRACT One of the developments in internet technology in the field of trade is E-commerce. When online buying and selling is rampant, as is happening now. There are still many people who are afraid and hesitant to shop online. This research aims to determine the influence of the Perceived Risk of Online Shopping and Electronic Word of Mouth on Intention to Buy Online with Trust as a Moderating Variable. This research uses a quantitative approach method. The data used is primary data by distributing an online Google Form questionnaire to the people of Bandar Negeri Village. The population in this study is the people of Bandar Negeri village who have made online purchases via Shopee in an unknown or unlimited number. The sample used was 100 people using the Lemeshow formula, taken by purposive sampling. The data analysis used was processed using SPSS 21. The results of this research show that the risk perception variable has a negative and insignificant effect on online buying interest, Electronic Word of Mouth has a positive and significant effect on online buying interest, trust is unable to moderate/weaken the relationship between risk perception and online buying interest, and Trust moderates/strengthens the relationship between Electronic Word of Mouth and online purchasing interest. Keywords: Risk Perception, Electronic Word Of Mouth, Purchase Intention, Trust.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 07:58 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 07:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |