KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PIMPINAN DAN KARYAWAN G HOTEL SYARIAH BANDAR LAMPUNG DALAM MENANAMKAN ETOS KERJA

Virza, Zahira Maharani (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PIMPINAN DAN KARYAWAN G HOTEL SYARIAH BANDAR LAMPUNG DALAM MENANAMKAN ETOS KERJA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI VIRZA ZAHIRA MAHARANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi menjadi komponen yang paling penting dalam setiap proses kehidupan dalam masyarakat baik proses interaksi dalam keluarga. Dalam konteks industri perhotelan, khususnya di G Hotel Syariah Bandar Lampung, dinamika hubungan interpersonal antar karyawan menjadi elemen penting yang berperan dalam membentuk budaya organisasi dan menanamkan nilai-nilai etos kerja. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana proses komunikasi interpersonal antara pimpinan dan karyawan dalam menanamkan etos kerja, apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan etos kerja dalam proses kerja karyawan di G Hotel Syariah Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara pimpinan dan karyawan, faktor pendukung dan penghambat penerapan etos kerja dalam proses kerja karyawan G Hotel Syariah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan mengumpulkan data deksriptif sebanyak mungkin yang akan dituangkan dalam bentuk laporan dan uraian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan teknik interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Penulis juga mengumpulkan sebanyak mungkin referensi yang berkaitan dengan penelitian ini seperti: buku-buku referensi, jurnal, artikel ilmiah dan internet. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi interpersonal yang dibangun antara pimpinan dengan karyawan G Hotel Syariah Bandar Lampung sudah sangat baik dengan meliputi empat bentuk komunikasi, yakni morning briefing, monitoring dan evaluasi, rapat bagian, serta komunikasi informal karyawan. Penanaman etos kerja melalui komunikasi interpersonal yang dilakukan antara pimpinan dengan karyawan maupun karyawan dengan karyawan belum mampu diwujudkan secara penuh di lingkungan kerja G Hotel Syariah. Faktor pendukung terbagi atas tiga hal utama yakni, komunikator dan komunikan yang saling percaya, komunikan yang mampu menerima pesan, serta pesan komunikasi yang dirancang dengan baik. Faktor yang menghambat yakni hambatan waktu yang berkaitan dengan frekuensi dan intensitas bertemu yang dibatasi dengan shift, latar belakang sosial budaya yang berbeda antara karyawan, serta komunikasi yang cenderung berjalan satu arah yakni pimpinan terus menerus bertindak sebagai komunikator dan karyawan hanya sebagai komunikan. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Etos Kerja. ABSTRACT Communication is the most important component in every process of life in society, whether the interaction process in the family, friendship environment, educational environment, or in the work environment. In the context of the hotel industry, especially at G Hotel Syariah Bandar Lampung, the dynamics of interpersonal relationships between employees is an important element that plays a role in shaping organizational culture and instilling work ethic values. This research examines how the interpersonal communication process between leaders and employees instills a work ethic, what are the supporting and inhibiting factors for implementing a work ethic in the employee work process at G Hotel Syariah Bandar Lampung. The purpose of this research is to determine interpersonal communication between leaders and employees, supporting and inhibiting factors in implementing work ethics in the work process of G Hotel Syariah Bandar Lampung employees. This research uses a type of qualitative research with descriptive analysis methods by collecting as much descriptive data as possible which will be expressed in the form of reports and descriptions. Data collection techniques in this research used interview techniques, observation and documentation. The author also collected as many references as possible related to this research, such as: reference books, journals, scientific articles and the internet. The results of this research show that the interpersonal communication process built between the leadership and employees of G Hotel Syariah Bandar Lampung is very good and includes four forms of communication, namely morning briefing, monitoring and evaluation, department meetings, and informal employee communication. The cultivation of work ethic through interpersonal communication carried out between leaders and employees and employees and employees has not been able to be fully realized in the G Hotel Syariah work environment. Supporting factors are divided into three main things, namely, communicators and communicants who trust each other, communicants who are able to receive messages, and well-designed communication messages. The inhibiting factor is time constraints related to the frequency and intensity of meetings which are limited by shift, different socio-cultural backgrounds between employees, as well as communication that tends to go in one direction, namely leaders continuously act as communicators and employees only as communicants. Keywords:Interpersonal Communication, Work Ethic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:26
Last Modified: 23 Dec 2024 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36751

Actions (login required)

View Item View Item