AZZAHRA, LUTHFI HANIFAH (2024) PENGARUH STRATEGI E MARKETING DAN BRAND AWARENESS MELALUI PEMASARAN ONLINE MEDIA SOSIALTIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA CAFÉ NUJU COFFEE LAMPUNG MENURUT BISNIS ISLAM (Studi Pada Pelanggan Nuju Coffee). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Era digital saat ini, dalam lingkup bisnis global mengenai persaingan strategi pemasaran antar perusahaan yang berbasis digital atau modern lebih cepat berkembang di seluruh dunia. Di negara Indonesia sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan strategi pemasaran yang lebih modern. Hal ini harus dilakukan agar minat beli konsumen meningkat. Terlebih lagi sekarang sudah banyak para pelaku usaha yang menjalankan bisnis cafe atau kedai rumahan, tempat dimana biasanya saat ini orang orang lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah untuk bersantai bersama keluarga atau temannya. Dan Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah strategi e-marketing mempengaruhi minat beli konsumen, Apakah Pengaruh Brand Awareness melalui pemasaran online media sosial TikTok mempengaruhi minat beli konsumen, dan terakhir Bagaimana pengaruh strategi e-marketing dan Brand Awareness melalui pemasaran online media sosial TikTok terhadap minat beli konsumen pada Cafe Nuju Coffee di Lampung Menurut Bisnis Islam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi e marketing dan Brand Awareness mempengaruhi keputusan pembelian, terutama dalam Bisnis Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei untuk mengumpulkan data dari konsumen Nuju Coffee di Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur strategi e marketing, Brand Awareness, dan minat beli. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi pengaruh masing-masing variabel serta interaksi antara strategi e marketing dan Brand Awareness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi e-marketing dan Brand Awareness melalui TikTok memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Cafe Nuju Coffee. Kedua variabel ini dapat meningkatkan daya tarik merek dan mendorong niat beli ketika dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis Islam, seperti kejujuran, transparansi, dan manfaat bagi konsumen. Pembahasan ini mengintegrasikan hasil penelitian yang valid dengan prinsip-prinsip bisnis Islam, memberikan panduan bagi Cafe Nuju Coffee untuk menjalankan strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan nilai nilai etis dalam Islam. Kata Kunci : Strategi E marketing, Brand Awareness, Minat Beli. ABSTRACT The current digital era, in the scope of global business regarding marketing strategy competition between digital or modern-based companies is growing faster around the world. n Indonesia, there are already many businessmen who apply more modern marketing strategies. This must be done in order to increase consumer buying interest. In this recent time there are many business people who run a cafe or home shop business, a place where usually nowadays people spend more time outside the home to relax with family or friends. Research Question in this study is whether the e-marketing strategy affects consumer buying interest, whether the influence of Brand Awareness through TikTok social media online marketing affects consumer buying interest, and finally how the influence of e-marketing strategies and Brand Awareness through TikTok social media online marketing on consumer buying interest in Cafe Nuju Coffee in Lampung According to Islamic Business. The purpose of this study is to determine how e-marketing strategies and Brand Awareness influence purchasing decisions, especially in Sharia Business. This study uses a quantitative method with a survey approach to collect data from Nuju Coffee consumers in Bandar Lampung. Data is collected through questionnaires that measured e-marketing strategies, Brand Awareness, and purchase intention. Data analysis is carried out using multiple linear regression to identify the effect of each variable as well as the interaction between e-marketing strategies and Brand Awareness. The results shows that e-marketing strategy and Brand Awareness through TikTok have a significant influence on the purchase intention of Cafe Nuju Coffee consumers. These two variables can increase brand appeal and encourage purchase intentions when run in accordance with Islamic business principles, such as honesty, transparency, and benefits for consumers. This discussion integrates valid research results with Islamic business principles, providing guidance for Cafe Nuju Coffee to carry out marketing strategies that are effective and in accordance with ethical values in Islam. Keywords: E marketing Strategy, Brand Awareness, Purchase Intention.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 08:03 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 08:03 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |