SEPTIA, NUR AZIZA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD IT SMART INSANI DI YUKUM JAYA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPAS. Permasalahannya adalah kurangnya model pembelajaran yang bervariasi pada saat proses pembelajaran IPAS. Selain itu, suasana kelas monoton yang membuat siswa pasif dan kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep IPAS. Dalam hal ini peneliti mencoba untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan penguasaan konsep dalam pembelajaran IPAS di SD IT Smart Insani Yukum Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPAS di SD IT Smart Insani Yukum Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji n-Gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji hipotesis Independent Sampel-T yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas control sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 artinya model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD IT Smart Insani Yukum Jaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD IT Smart Insani Yukum Jaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Pemahaman Konsep, IPAS. iii ABSTRACT This research was motivated by students' low understanding of concepts in science subjects. The problem is the lack of varied learning models during the science learning process. Apart from that, the monotonous classroom atmosphere makes students passive and less active in the learning process, thus making students experience difficulties in understanding science concepts. In this case, the researcher tries to apply the inquiry learning model to improve mastery of concepts in science and science learning at SD IT Smart Insani Yukum Jaya. This research aims to determine the effect of the inquiry learning model on understanding concepts in science and science subjects at SD IT Smart Insani Yukum Jaya. This research is quantitative research. The type of research used is Quasi Experimental with a Nonequivalent Control Group Design design. The sampling technique used is Cluster Random Sampling. The data collection techniques used are tests and documentation. The analysis techniques used are normality test, homogeneity test, n-Gain test and hypothesis test. The results of this research show that from the results of the Independent Sample-T hypothesis test carried out in the experimental class and control class sig. (2-tailed) is 0.000 < 0.05, meaning that the inquiry learning model has an influence on understanding concepts in class IV science subjects at SD IT Smart Insani Yukum Jaya. So it can be concluded that the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there is a significant influence of the inquiry learning model on understanding concepts in class IV science subjects at SD IT Smart Insani Yukum Jaya. Keywords: Inquiry Learning Model, Concept Understanding, Science.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 05:38 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 05:38 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |