SITI, ESIH NURHASANAH (2024) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS RENDERFOREST TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV MIS BANII SAALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (11MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media video animasi 3D berbasis renderforest terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa mencakup beberapa aspek. Aspek yang dinilai dalam hasil belajar siswa berupa aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Media merupakan alat yang dapat mendukung kegiatan proses belajar mengajar siswa. Media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan dapat membantu siswa belajar dengan efektif yang kelak akan mengantarkan siswa pada hasil belajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode ekperimen jenis True Experimental dengan desain penelitian non�equivalent control group Design. Populasi berjumlah 43 peserta didik yang berasal dari kelas IV A berjumlah 22 peserta didik dan IV B berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi 3D berbasis renderforest dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes yang berbentuk pilihan ganda, dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes uji coba dan dihitung validitas reliabilitas, Tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji N-gain, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh evektivitas media video animasi 3D berbasis renderforest terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV MIS Banii Saalim Bandar Lampung. Dapat dilihat dari Hasil uji hipotesis degan Kesimpulan bahwa Ho ditolak, dengan diperoleh nilai taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh nilai Sig (2- Tailed) sebesar 0,001 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria α = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh evektifitas media video animasi 3D berbasis renderforest terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Kata kunci: Media Video Animasi 3D Berbasis Renderforest, Hasil Belajar Bahasa Indonesia iii ABSTRACT This study aims to determine the effectiveness of renderforest�based 3D animation video media on Indonesian language learning outcomes. Student learning outcomes include several aspects. The aspects assessed in student learning outcomes are cognitive, psychomotor, and affective aspects. Media is a tool that can support student teaching and learning activities. Learning media can increase student interest in learning and can help students learn effectively which will later lead students to good learning outcomes. This study uses a quantitative approach to the True Experimental experimental method with a non-equivalent control group design. The population is 43 students from class IV A totaling 22 students and IV B totaling 21 students. The sampling technique uses the saturated sampling technique. The sample of this study is class IV A as an experimental class that uses renderforest-based 3D animation video media and class IV B as a control class that uses a direct learning model. Data collection techniques use observation, multiple choice tests, and documentation. Before conducting the study, the test instrument was tested and the validity of the reliability, level of difficulty, and distinguishing power were calculated. Then the research hypothesis test used the t-test, before the t-test was carried out, the data was tested for the analysis prerequisites first, namely by using the N-gain test, normality test and homogeneity test. The results of the study indicate that there is an influence of the effectiveness of 3D animation video media based on renderforest on the learning outcomes of Indonesian language class IV MIS Banii Saalim Bandar Lampung. It can be seen from the results of the hypothesis test with the conclusion that Ho is rejected, with a significance level value of 0.05 and a Sig (2-Tailed) value of 0.001 which has a value smaller than the criterion value α = 0.05. This shows that there is an influence of the effectiveness of 3D animation video media based on renderforest on learning outcomes of Indonesian language. Keywords: 3D Animated Video Media Based on Renderforest, Indonesian Language Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 04:14 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 04:14 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36650 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |