DEVI, WAHYU NINGSIH (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian awal menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingat tinggi siswa dalam biologi, masih rendah. terutama karena kurangnya integrasi ilmu dengan kehidupan sehari-hari dan metode pembelajaran tradisional yang masih dominan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menggunakan taksonomi SOLO untuk mendapatkan gambaran lebih mendalam tentang pencapaian kognitif mereka dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Peneliti menggunakan teknik sampling yaitu stratified random sampling. Pemilihan empat sekolah dilakukan dengan pertimbangan agar sampel penelitian dapat mewakili karakteristik umum sekolah di Kota Bandar Lampung. Dengan memilih sekolah dari berbagai latar belakang, seperti perbedaan status,akreditasi, lokasi geografis, serta fasilitas pendukung pembelajaran, hasil penelitian dapat lebih mencerminkan kondisi nyata di seluruh populasi sekolah yang diteliti. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis data yang meliputi teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di sekolah A,B,C dan D berdasarkan taksonomi SOLO berada pada level multistruktural sebesar 41,37%, level relational sebesar 28,88%, dan level extended abstrak sebesar 28,75%. Sebanyak 41,37% peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam kategori sedang, sementara 57,63% lainnya berada dalam kategori tinggi. Temuan dalam penelitian ini adalah indikator extended abstrak memiliki rerata terendah dibandingkan indikator lainnya. Hal ini disebabkan oleh tuntutan soal yang lebih kompleks, yaitu mengharuskan peserta didik untuk melakukan evaluasi, sintesis, dan menerapkan konsep dalam konteks baru, yang masih jarang mereka hadapi. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Taksonomi Solo; Peserta Didik Kelas VIII; iv ABSTRACT Initial research shows that students' high-level thinking abilities in biology are still low. especially due to the lack of integration of science with everyday life and traditional learning methods that are still dominant. This research aims to analyze students' high-level thinking abilities using the SOLO taxonomy to get a more in-depth picture of their cognitive achievements in solving HOTS questions. Researchers used a sampling technique, namely stratified random sampling. The selection of four schools was carried out with the consideration that the research sample could represent the general characteristics of all schools in Bandar Lampung City. By selecting schools from various backgrounds, such as accreditation, geographic location, and learning support facilities, research results can better reflect the real conditions in the entire population of schools studied. Data was collected through tests, interviews and documentation. This research is qualitative research with data analysis which includes data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions based on research results. The research results show that the average high-level thinking ability of students based on the SOLO taxonomy is at the multistructural level of 41.37%, the relational level of 28.88%, and the extended abstract level of 28.75%. As many as 41.37% of students have high-level thinking abilities in the medium category, while 57.63% are in the high category. The finding in this research is that the extended abstract indicator has the lowest mean compared to other indicators. This is due to the demands of more complex questions, which require students to evaluate, synthesize and apply concepts in new contexts, which they rarely encounter. Keywords: High-Level Thinking Skills, Solo Taxonom,; Grade VIII Students
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 07:12 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 07:12 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |