PENGARUH YOUTUBE ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ASUS DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Laptop ASUS Di Kota Bandar Lampung)

Daral, Muhammad Zaidan (2024) PENGARUH YOUTUBE ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ASUS DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Laptop ASUS Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pra riset yang penulis lakukan menunjukan bahwa 91,4% atau banyak 46 responden pengguna youtube yang tidak menyukai dan merasa terganggu dengan adanya iklan di youtube. Namun, banyak pelaku bisnis memanfaatkan media sosial, salah satunya youtube, untuk mengiklankan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh youtube advertising terhadap keputusan pembelian laptop ASUS dengan brand image sebagai variabel mediasi dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian ini adalah Masyarakat Kota Bandar Lampung, dengan sampel 100 responden masyarakat dengan kriteria kecamatan domisili masyarakat Kota Bandar Lampung dengan kelompok umur 15 – 40 tahun dan pekerjaan sehari hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Youtube advertising dan brand image berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan dengan menggunakan causal step hasil penelitian menunjukkan bahwa youtube advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan Brand image memediasi antara pengaruh youtube advertising terhadap keputusan pembelian secara partial mediation. Yang dinyatakan oleh hasil perhitungan nilai p velue < 0,05 yaitu 0,00 dan nilai t statistik > 1,96 yaitu 7,568. Dalam perspektif etika bisnis Islam secara umum peran Youtube advertising terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variael pemediasi pengguna Laptop ASUS di Kota Bandar Lampung diperhatikan dengan prinsip-prinsip utama dalam etika bisnis Islam yakni kejujuran, keadilan dan niat yang baik. Kata Kunci : Youtube advertising, Keputusan Pembelian, Brand image. ABSTRACT This research is motivated by a preliminary study revealing that 91.4% of 46 YouTube users surveyed dislike and feel disturbed by advertisements on the platform. However, many businesses leverage social media, including YouTube, to advertise their products. This study aims to examine the influence of YouTube advertising on purchasing decisions for ASUS laptops, with brand image serving as a mediating variable from the perspective of Islamic business ethics. This quantitative research employs the Partial Least Square (PLS) analysis method. The population includes residents of Bandar Lampung City, with a sample of 100 respondents aged 15–40 years and residing in specific subdistricts within Bandar Lampung. The findings indicate that YouTube advertising and brand image significantly affect purchasing decisions. Using the causal step approach, the results demonstrate that YouTube advertising positively and significantly influences purchasing decisions, with brand image partially mediating this relationship. The statistical analysis reveals a p-value of <0.05 (0.00) and a t-statistic >1.96 (7.568). From the perspective of Islamic business ethics, the role of YouTube advertising in influencing purchasing decisions, mediated by brand image among ASUS laptop users in Bandar Lampung, aligns with the core principles of honesty, fairness, and good intentions in Islamic business ethics. Keywords: Youtube advertising, Purchasing Decision, Brand image.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2024 03:15
Last Modified: 16 Dec 2024 03:15
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36592

Actions (login required)

View Item View Item