ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI JUAL BELI ONLINE DAN OFFLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Di Kota Bandar Lampung)

Muhammad, Ammarul Fikri Himawan (2024) ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI JUAL BELI ONLINE DAN OFFLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 & 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi (M Ammarul Fikri Himawan NPM. 1851040377.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan strategi jual beli online dan offline dalam meningkatkan penjualan, dengan memfokuskan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung dari perspektif ekonomi Islam. Pertumbuhan perdagangan dan peran penting UMKM dalam perekonomian lokal menjadi dasar penting untuk memahami implementasi strategi jual beli yang efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Dengan banyaknya permasalahan mengenai persaingan dalam bidang penjualan produk yang ada di kota Bandar Lampung serta para konsumen yang bingung memilih karena terdapat keuntungan dan kekurangan antara jual beli online dan offline, dan ini sulit ditentukan sehingga harus benar-benar menggunakan strategi pemasaran dengan tepat dan selalu berhati-hati dalam pengambilan kesempatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dalam pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam penellitian ini dengan menentukan kriteria yaitu Masyarakat yang berada di kota bandar lampung yang mengetahui informasi mengenai penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 6 sampel UMKM. Data primer didapatkan dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Buku, tesis, Jurnal penelitian dan Artikel. Hasil yang diperoleh selama penelitian dapat di simpulkan bahwa perbandingan antara strategi online dan offline pada UMKM di Kota Bandar Lampung dapat diketahui strategi yang lebih baik untuk menigkatkan penjualan yaitu strategi pemasaran online, di mana lebih memilih kemudahan untuk menjalankan usahanya melalui internet karena dapat mencapai konsumen secara global dan lebih spesifik dengan menggunakan berbagai platform digital. Dilihat dari data pertumbuhan laba penjualan online dan offline UMKM, Penjualan online dan offline memiliki perbedaan. Penjualan online mengalami peningkatan, Sedangkan Penjualan offline mengalami penurunan, walaupun di sebagian UMKM mengalami kenaikan. Berdasarkan sudut pandang ekonomi islam jual beli online dan offline, kedua strategi tersebut dapat dilakukan selama memenuhi prinsip-prinsip syariah yang sudah ditetapkan. Hal ini sudah sesuai dengan DSN-MUI NO: 146/DSN-MUI/XII/2021. Kata Kunci: Perbandingan, Jual-beli, UMKM, Online, dan Offline. ABSTRACT This study aims to analyze the comparison of online and offline buying and selling strategies in increasing sales, focusing on Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Bandar Lampung City from an Islamic economic perspective. The growth of trade and the important role of MSMEs in the local economy is an important basis for understanding the implementation of effective buying and selling strategies that are in accordance with the principles of Islamic economics. With many problems regarding competition in the field of product sales in the city of Bandar Lampung and consumers who are confused about choosing because there are advantages and disadvantages between online and offline buying and selling, and this is difficult to determine so that they must really use marketing strategies appropriately and always be careful in taking opportunities. This research was conducted using descriptive qualitative research methods with a comparative approach. Sampling in this study used purposive sampling, namely sampling data sources with certain considerations. In sampling using purposive sampling techniques in this research by determining the criteria, namely the people in the city of Bandar Lampung who know information about this research. The samples used in this study were 6 MSMEs samples. Primary data is obtained from the results of interviews. While secondary data is obtained from books, theses, research journals and articles. The results obtained during the research can be concluded that the comparison between online and offline strategies in MSMEs in Bandar Lampung City can be seen that a better strategy for increasing sales is an online marketing strategy, where it is easier to run a business via the internet because it can reach consumers globally and more specifically using various digital platforms. Judging from the data on the growth of MSMEs online and offline sales profits, online and offline sales have differences. Online sales have increased, while offline sales have decreased, although some MSMEs have increased. Based on the Islamic economic point of view of online and offline buying and selling, both strategies can be carried out as long as they fulfill the established sharia principles. This is in accordance with DSN MUI NO: 146/DSN-MUI/XII/2021. Keywords: Comparison, Buying, Selling, MSME, Online, and Offline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:49
Last Modified: 16 Dec 2024 02:49
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36586

Actions (login required)

View Item View Item