FAIZATUL, A’LA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MA AL-FATAH NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al-Fatah Natar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan design posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-fatah Natar yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X A sebagai kelas kontrol dan kelas X B sebagai kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif berbentuk posttest (pilihan ganda). Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual berbasis pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al-Fatah Natar. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 Diterima. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah adalah 83,67, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional adalah 68,17. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al-Fatah Natar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Lingkungan Sekitar Sekolah, Hasil Belajar Kognitif iii ABSTRACT The study aims to determine the influence of contextual learning models based on the use of the school’s surrounding environment on the cognitive learning outcomes of X MA Al-Fatah Natar students. The type of research used is quasi experiments with posttest design only control design. The population of this study is all X MA Al-fatah Natar students who total 60 students. The sample in the study was class X A as a control class and class X B as an experimental class, each numbering 30 students. Sampling technique using purposive sampling. The instrument used is a posttest�shaped cognitive learning result test. Data analysis using test-t. The results of the study suggest that there is a significant influence on the contextual learning model based on the use of the school’s surrounding environment on the cognitive learning outcomes of X MA Al�Fatah Natar students. This is evidenced from the uij-t result which indicates the value of the sig. (2-tailed) of 0.001 < 0.05, which means H0 is rejected and H1 is accepted. The average cognitive learning outcomes of experimental classes using contextual learning models based on the use of the surrounding environment are 83.67, while the control classes using conventional models are 68.17. Thus, it can be concluded that the contextual learning model based on the use of the surrounding environment of the school influences the cognitive learning outcomes of the X MA Al�Fatah Natar students. Keywords: Contextual Learning Model, School Environmental Environment, Cognitive Learning Results
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 03:00 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 03:00 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |