PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DISPOSIBLE INCOME TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi pada Nasabah BSI KCP Kalianda)

AHMAD, QOLBI FAROOID (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN DISPOSIBLE INCOME TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (Studi pada Nasabah BSI KCP Kalianda). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD QOLBI FAROOID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Religiusitas adalah perasaan atau keyakinan beragama yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Pendapatan disposible (disposible income) adalah sejumlah uang yang sesungguhnya diterima oleh masyarakat rumah tangga yang boleh dibelanjakan oleh para penerimanya untuk membeli barang dan jasa sesuai keinginannya. Melalui proses keagamaan dan pendapatan disposible seseorang dapat mengendalikan dirinya untuk mengambil sebuah keputusan yang positif untuk dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas dan disposible income terhadap keputusan menabung pada bank syariah Indonesia (Study kasus pada nasabah BSI KCP Kalianda). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 95 responden dan metode pengambilan sampel ini adalah purposive sampling salah satu teknik sampling non random sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri- ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Untuk analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan dengan hasil uji t yaitu thitung > ttabel (2,006 > 1,661) dan nilai signifikan 0,048 < 0,05 maka religiusitas (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Sedangkan hasil uji t yaitu thitung > ttabel (2,900 > 1,661) dan nilai signifikan 0,007 < 0,05 maka disposible income berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Hasil penelitian menggunakan uji koefisien determinasi antara pengaruh religiusitas dan disposible income terhadap keputusan menabung sebesar 24,2%, angka ini menunjukan bahwa sebesar 24,2% keputusan menabung yang terjadi di pengaruhi oleh Pengaruh Religiusitas dan Disposible Income dan sisanya 75,8% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci : Religiusitas, Disposible Income, Keputusan Menabung. ABSTRACT Religiosity is a religious feeling or belief that can influence a person’s life. Disposable income is the amount of money actually received by household members which recipients are allowed to spend to buy goods and services according to their wishes. Through religious processes and disposable income, a person can control himself to make positive decisions for himself. The aim of this research is to find out how much influence religiosity and disposable income have on the decision to save at Indonesian sharia banks (case study of BSI KCP Kalianda customers). The research method used in this research is a quantitative approach, with a sample used in this research of 95 respondents and this sampling method is purposive sampling, a non-random sampling technique where the researcher determines sampling by determining appropriate special characteristics. with research objectives so that it is hoped that it can answer research problems. For data analysis using multiple linear regression, t test, f test and coefficient of determination test. Analysis of the data in this study concluded with the results of the t test, namely tcount > ttable (2.006 > 1.661) and a significant value of 0.048 < 0.05, so religiosity (X1) has a significant influence on the decision to save at a sharia bank. Meanwhile, the results of the t test are tcount > ttable (2.900 > 1.661) and the significant value is 0.007 < 0.05, so disposable income has a significant effect on the decision to save at a sharia bank. The results of the study using the coefficient of determination test between the influence of religiosity and disposable income on saving decisions were 24.2%, this figure shows that 24.2% of saving decisions were influenced by the influence of religiosity and disposable income and the remaining 75.8% were influenced by other factors.. Keyword : Religiosity, Disposable Income, Saving Decisions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2024 03:51
Last Modified: 11 Dec 2024 03:51
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36553

Actions (login required)

View Item View Item