ERICKA, APRILIA (2024) PENERAPAN ALAT PERAGA CIRCULATORY BOTTLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 WAY HUWI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Pada pembelajaran tematik sekarang ini untuk membentuk suatu keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dan dikuasainya tujuan pembelajaran oleh siswa, salah satu faktor keberhasilan adalah faktor kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran efektif tidak akan muncul dengan sendirinya tetapi guru harus menciptakan pembelajaran yang memungkinkan siswa mencapai tujuan yang telah diterapkan secara optimal. Banyak peran yang harus dimainkan oleh guru dalam rangka melaksanakan pembelaaran yang efektif. Oleh sebab itu diperlukannya media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam melakukan pembelajaran di kelas. Salah satu media yang dapat digunakan adalah alat peraga sederhana. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan apakah Penerapan alat peraga Circulatory Bottleini dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta didik Kelas V SDN 1 Way Huwi Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam melakukan penelitian PTK peneliti menggunakan 2 siklus untuk mencapai indikator keberhasilan. subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Way Huwi Lampung Selatan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan tehnik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan alat peraga Circulatory Bottledapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Way Huwi Lampung Selatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dari capaian indikator keberhasilan dalam penelitian ini dapat dicapai setelah dilakukannya 2 siklus. Siklus I peserta didik yang mampu mencapai KKM hanya 3 orang dari 16 orang peserta didik, kemudian di siklus terakhir yakni skilus II peserta didik yang iv iv mampu mencapai KKM sebanyak 15 orang dari 16 orang peserta didik hanya tersisa 1 orang yang belum mampu mencapai KKM pada siklus terakhir. Namun demikian secara menyeluruh pada siklus II indikator keberhasilan telah diperoleh, sehingga penelitian ini selesai padasiklus ke II. Kata Kunci : Alat peraga, Circulatory Bottle, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 04:43 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 04:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |