ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL FALAH BUMI ARJO KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OKI SUMATERA SELATAN

Pidea, Prabawati (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL FALAH BUMI ARJO KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OKI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 PIDEA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK PIDEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk akhlak peserta didik kelas IV MI Nurul Falah Desa Bumi Arjo Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI Sumatera Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan filsafat positivisme, dengan menggamati akhlak peserta didik, dan peran guru dalam membentuk akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data prime peroleh langsung dari responden mengenai peran guru dalam membentuk akhlak peserta didk, sedangkan data sekunder berupa teori-teori data penunjang lainnya, data diperoleh dari kepustakaan, dan dokumentasi, semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk akhlak peserta didik kelas IV MI Nurul Falah Desa Bumi Arjo, Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI Sumatera Selatan. Hasil penelitian menujukan bahwa peran guru sebagai pendidik dan pengajar, alah guru tidak hanya bertugas menyampaikan, tetapi membentuk akhlak, nilai, dan sikap peserta didik, guru berperan penting dalam membimbing peserta didik untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam. Peran guru sebagai mediator dan fasilitator, ialah memberikan kemudahan belakang kepada seluruh peserta didik, agar mereka dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan. Peran guru sebagai model dan teladan, guru dijadikan sebagai teladan bagi peserta didik. Peran guru sebagai motivator, guru memberikan gerakan dan dorongan positif kepada peserta didik. Peran guru sebagai pembimbing dan teladan, membantu mengarahkan proses pembelajaran. Kata kunci: Peran Guru, Akhlak iii ABSTRACT This study aims to determine the role of teachers in shaping the morals of grade IV students of MI Nurul Falah, Bumi Arjo Village, Lempuing District, OKI Regency, South Sumatra. This study is a qualitative study using the philosophy of positivism, by observing the morals of students, and the role of teachers in shaping the morals of students. This study uses interview, observation, and documentation data collection techniques. Primary data is obtained directly from respondents regarding the role of teachers in shaping the morals of students, while secondary data is in the form of other supporting data theories, data obtained from the literature, and documentation, all of which are materials to describe the role of teachers in shaping the morals of class IV students of MI Nurul Falah, Bumi Arjo Village, Lempuing District, OKI Regency, South Sumatra. The results of the study indicate that the role of teachers as educators and instructors, namely teachers are not only tasked with conveying, but also forming morals, values, and attitudes of students, teachers play an important role in guiding students to develop a deep understanding. The role of teachers as mediators and facilitators is to provide convenience to all students, so that they can learn in a pleasant atmosphere. The role of teachers as models and role models, teachers are used as role models for students. The role of teachers as motivators, teachers provide positive movement and encouragement to students. The role of teachers as guides and role models, helps direct the learning process. Keywords: Role of Teachers, Morals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:00
Last Modified: 09 Dec 2024 08:00
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36514

Actions (login required)

View Item View Item