PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HUDA LAMPUNG SELATAN

AHMAD, ZAKY RAMADHAN (2024) PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HUDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2 ZAKY.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ZAKY NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru, dalam melaksanakan perannya, yaitu sebagai pendidik, pengajar, pemimpin, administrator, harus mampu melayani peserta didik yang dilandasi dengan kesadaran (awareness), keyakinan (belief), kedisiplinan (discipline) dan tanggung jawab (responsibility) secara optimal sehingga memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan peserta didik, baik fisik maupun psikis. Jika guru tidak dapat melaksanakan perannya dengan baik maka dapat terjadi problem dalam kegiatan proses mengajarnya. Dapat dilihat ketika seorang peserta didik pasif, maka kecenderungan melupakan apa yang diberikan lebih besar dibandingkan dengan ketika peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan perangsang dan perangkat tertentu untuk dapat mengikat informasi yang baru saja diberikan. Dan strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu solusi dan terobosan baru untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan mengesankan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara atau proses penyelesaian problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Huda Lampung Selatan. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik yang dilakukan dalam penelitian ini secara triangulasi (gabungan dari obeservasi, wawancara dan dokementasi), data yang akan diperoleh cenderung data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Terdapat problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Huda Lampung Selatan yaitu guru yang kuramg memahami cara mendidik siswanya. Dapat dilihat dari kesulitan dalam menghadapi karakter peserta didik, kurang tepat dalam menggunakan metode pembelajaran, dengan demikian akhlak dari peserta didik kurang tercapai dalam kehidupan sehari-hari, karena apa yang telah dijelaskan guru nya di kelas mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu tidak diterapkan oleh peserta didik. Dan ada sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga menghambat dalam proses kegiatan pembelajaran. Problematika dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu ada pada peserta didik, guru, dan sarana prasarana sekolah. Adapun cara guru Pendidikan Agama Islam mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara : 1. Mempersiapkan RPP yang sesuai dengan pembelajaran. 2. Menggunakan beragam metode pembelajaran yang iii membuat peserta didik semangat dalam belajar. Adapun metode pembelajarannya yaitu : keteladanan, nasihat, hukuman, ceramah, tanya jawab dan perbandingan. 3. Faktor dari peserta didik yang membuat mereka malas belajar yaitu kurang adanya motivasi, oleh karena itu Guru Pendidikan Agama Islam selalu memberikan motivasi-motivasi yang membangun semangat mereka dalam belajar. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, PAI iv ABSTRACT Teachers, in carrying out their roles, namely as educators, teachers, leaders, administrators, must be able to serve students based on awareness, belief, discipline and responsibility optimally so as to provide a positive influence. on the development of students, both physical and psychological. If teachers cannot carry out their roles well then problems can occur in their teaching process activities. It can be seen that when a student is passive, the tendency to forget what is given is greater than when the student plays an active role in learning. Therefore, certain stimuli and devices are needed to be able to bind the information that has just been given. And active learning strategies are one solution and new breakthrough to create an active, fun and impressive learning process The aim of this research is to find out the way or process of solving problems in learning Islamic Religious Education at Al-Huda Middle School, South Lampung. In writing this thesis, descriptive research was used using qualitative research methods. The technique used in this research is triangulation (a combination of observation, interviews and documentation), the data that will be obtained tends to be qualitative data. The results of this research show that: There are problems in learning Islamic Religious Education at Al-Huda Middle School, South Lampung, namely teachers who do not understand how to educate their students. It can be seen from the difficulties in dealing with the character of students, inappropriate use of learning methods, thus the morals of students are not achieved in everyday life, because what the teacher has explained in class regarding Islamic Religious Education learning is not implemented by the participants. educate. And there are inadequate facilities and infrastructure that hinder the process of learning activities. Problems in learning Islamic Religious Education lie with students, teachers and school infrastructure. The way for Islamic Religious Education teachers to overcome this is by: 1. Preparing lesson plans that are appropriate to the learning. 2. Using a variety of learning methods that make students enthusiastic about learning. The learning methods are: example, advice, punishment, lecture, question and answer and comparison. 3. The factor for students that makes them lazy about studying is lack of motivation, therefore Islamic Religious Education Teachers always provide motivation that builds their enthusiasm for learning. Keywords: Problems, Learning, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2024 07:19
Last Modified: 06 Dec 2024 07:19
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36498

Actions (login required)

View Item View Item