SHERLY, NOVIYANTI (2024) PENGARUH STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 1 KLATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Keterampilan berbahasa dalam kurikulum di sekolah mencakup empat aspek, yaitu: keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis. Pada Penelitian ini berpusat pada keterampilan membaca. Berdasarkan hasil prapenelitian di SDN 1 Klaten Pringsewu kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang maksimal. Dilihat dari nilai Bahasa Indonesia masih kurang maksimal yaitu dalam memahami soal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menawarkan solusi berupa penggunaan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Klaten. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen jenis True Experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group Design. Populasi berjumlah 50 peserta didik yang berasal dari kelas IV A berjumlah 25 peserta didik dan IV B berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes yang berbentuk pilihan ganda multiple choice, dan dokumentasi. Sebelum melakukan penelitian instrument tes uji coba dan dihitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunkan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunkan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data menggunakan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 9,970 yang memiliki nilai lebih besar iv dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 2,060, dan diperoleh nilai Sig (2-Tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara keterampilan komunikasi peserta didik yang menggunakan strategi Direct Reading Thinking Activity dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Direct Reading Thingking Activity berbantuan media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 1 Klaten Pringsewu. Dapat dilihat dari Hasil uji hipotesis dengan kesimpulan bahwa Ho ditolak, dengan diperoleh nilai taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh nilai Sig (2-Tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria = 0,05 Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Direct Reading Thinking Activity v ABSTRACT Language skills in the curriculum at school include four aspects, namely: listening skills, speaking skills, reading skills, writing skills. This research is centered on reading skills. Based on the results of pre-research at SDN 1 Klaten Pringsewu, the ability to read comprehension in Indonesian language lessons is still not optimal. Judging from the value of Indonesian Language is still not optimal, namely in understanding the questions. Based on these problems, researchers offer solutions in the form of using the Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy to improve students' reading comprehension skills. This study aims to determine the effect of the Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy assisted by image media on the reading comprehension skills of grade IV students of SDN 1 Klaten. This research approach uses a quantitative approach experimental method of True Experimental type with a research design of non-equivalent control group design. The population amounted to 50 students from class IV A totaling 25 students and IV B totaling 25 students. The sampling technique used saturated sampling technique. The sample of this study was class IV A as a control class using a direct learning model and class IV B as an experimental class using the Direct Reading Thinking Activity learning strategy. The data collection technique used interviews, multiple choice tests, and documentation. Before conducting research, the test instrument was tested and calculated validity, reliability, difficulty level, and distinguishing power. Then test the research hypothesis using the t test, before the t test is carried out the data is tested for prerequisite analysis first, namely by using the normality test and homogeneity test. Based on the results of data processing analysis using the t test, the t value obtained is 9.970 which has a value greater than the t table value with a significance level of 0.05 which is 2.060, and obtained a Sig (2-Tailed) value of 0.000 which has a value smaller vi than the criterion va rejected which means there is a difference between the communication skills of students who use the Direct Reading Thinking Activity strategy with the reading comprehension ability of students who use the direct learning model.Based on the results of the study, it can be concluded that there is an effect of the Direct Reading Thinking Activity Strategy assisted by image media on the reading comprehension skills of grade IV students at SDN 1 Klaten Pringsewu. It can be seen from the results of hypothesis testing with the conclusion that Ho is rejected, by obtaining a significance level value of 0.05 and obtaining a Sig (2-Tailed) value of 0.000 which has s that there is an effect of the Direct Reading Thinking Activity (DRTA) strategy assisted by image media on reading comprehension skills. Keywords : Reading Comprehension Skills, Direct Reading Thinking Activity
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:30 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:30 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |