PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK 3 SECOND DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Generasi Z di Bandar Lampung)

Wahyu, Afdhila (2024) PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK 3 SECOND DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Generasi Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 WAHYU.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK WAHYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi informasi internet telah memperluas jangkauan komunikasi yang dilakukan manusia. Dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi maka memudahkan seluruh masyrakat dunia untuk mengetahui informasi yang tidak terbatas jarak, ruang dan waktu. Kemajuan teknologi saat ini dapat dilihat sebagai peluang oleh para pengusaha dalam dunia bisnis. Pengusaha dapat melakukan pemasaran melalui internet atau yang dikenal dengan ecommerce. Dengan adanya pemasaran dengan menggunakan media sosial perkembangan dunia bisnis mengalami kemajuan yang begitu pesat, perkembangan bisnis di Indonesia sendiri bergerak di berbagai sector industry. Salah satunya adalah pada sector industri fashion. Perkembangan globalisasi dunia membuat mode sat ini berkembang pesat dengan cara mengikuti trend yang ada, salah satunya adalah kebutuhan pakaian. Fashion sangat diminati semua orang, dilihat dari perkembangan cara berpakaian generasi z saat ini. Fashion merupakan cara individu untuk mengekspresikan dirinya, tampil yang baik setiap individu menjadi cerminian bahwa adanya rasa percaya diri. Para pelaku bisnis di tuntut untuk memberikan inovasi yang baik, agar trend fashion selalu berkembang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini berdasarkan jenisnya pada penelitian survey, yaitu penelitian kuantitatif yang menggunakan instrument kuesioner sebagai instrument penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah pada generasi Z di Bandar lampung. Menurut data Badan Statistik Nasional (BPS) Pada tahun 2020 ada sebanyak 440.000 jiwa, persebaran generasi Z di kota Bandar lampung (BPS 2020). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan simple random. Jenis data yang digunakan adalah Data Primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media marketing dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan berdasarkan Dalam perspektif Islam Social Media Marketing dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian produk 3second sudah dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Brand Image, Keputusan pembelian, 3Second. ABSTRACT Internet information technology has expanded the reach of human communication. With advances in communication technology, it is easier for all people in the world to find out information that is not limited by distance, space and time. Current technological advances can be seen as opportunities by entrepreneurs in the business world. Entrepreneurs can do marketing via the internet or what is known as ecommerce. With marketing using social media, the business world has progressed very rapidly, business development in Indonesia itself moves in various industrial sectors. One of them is in the fashion industry sector. The development of world globalization has made fashion currently develop rapidly by following existing trends, one of which is clothing needs. Fashion is of great interest to everyone, seen from the development of the way Generation Z dresses today. Fashion is an individual's way of expressing themselves, each individual's good appearance is a reflection of their self-confidence. Business people are required to provide good innovation, so that fashion trends always develop. This research is included in the type of quantitative research. This quantitative research is based on survey research, namely quantitative research that uses a questionnaire instrument as a research instrument. The population in this study is generation Z in Bandar Lampung. According to data from the National Statistics Agency (BPS), in 2020 there were 440,000 people, the distribution of generation Z in the city of Bandar Lampung (BPS 2020). The technique used in sampling is non-probability sampling with simple random. The type of data used is Primary Data. The data analysis method used is multiple linear regression analysis with the help of the SPSS 26 program. The research results show that social media marketing and brand image influence purchasing decisions, whereas based on an Islamic perspective, social media marketing and brand image on purchasing decisions for 3second products have been made in accordance with Islamic economic principles. Keywords : Social Media Marketing, Brand Image, Purchase Decision, 3Second.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2024 03:24
Last Modified: 05 Dec 2024 03:24
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36469

Actions (login required)

View Item View Item