DESVITA, SARI (2024) UPAYA SEKOLAH DASAR ALAM AL-KARIM DALAM MENSOSIALISASIKAN NILAI PEDULI LINGKUNGAN (Studi di SD Alam Al-Karim, Kecamatan Kemilng, Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nilai peduli lingkungan merupakan standar norma, sikap dan tindakan individu yang berupaya untuk menjaga, melestarikan, dan memperbaiki kondisi lingkungan, mulai dari pencegahan kerusakan lingkungan hingga upaya aktif dalam memperbaiki kerusakan yang ada. Upaya Sekolah Alam Al-Karim dalam mensosialisasikan nilai peduli lingkungan merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh SD Alam Al-Karim yang berbasis menekankan interkasi siswa dengan alam terbuka dalam hal mempelajari kebiasaan, nilai, dan norma sosial terkait dengan kelestarian lingkungan. Berdasarkan permasalahan diatas penulis merumuskan beberapa rumusan masalah. Yang pertama, bagaimana upaya yang dilakukan SD Alam Al-Karim dalam mensosialisasikan nilai peduli lingkunga pada siswa? Dan yang kedua, bagaimana dampak dari proses sosialisasi terhadap para siswa SD Alam Al-Karim? Tujuan penelitian ini adalah untu mengetahui upaya apa yang dilakukan SD Alam Al-Karim dalam mensosialisasikan nilai peduli lingkungan pada siswa, untuk mengetahui dampak dari proses sosialisasi terhadap para siswa SD Alam Al-Karim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field reserch). Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemilihan infroman dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dan dokumentasi yang di dapatkan hasil dari wawancara kepada kepala sekolah dan guru SD Alam Al-Karim. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah teori ekosentrisme dari Arne Naes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan Sekolah Dasar Alam Al-Karim dalam mensosialisasikan nilai peduli lingkungan pada siswa yaitu diterapkan melalui program-program sekolah. SD Alam Al-Karim membuat program kealaman yang mengajarkan siswa untuk peduli dan mencintai lingkungan. Program program tersebut yaitu operasi semut sebelum belajar, snack time, kunjungan ke kebun binatang, susur sungai, dan family camp. Dampak proses sosialisasi yang dilakukan SD Alam Al-Karim terhadap para siswa, berupa pembiasaan dan penanaman nilai serta norma. Proses sosialisasi pada siswa SD Alam Al-Karim memiliki dampak yang terhadap perkembangan siswa yaitu siswa menjadi lebih mudah untuk mengembangkan identitas dan kompetensi yang diwadahi lewat ekstrakulikuler, pengembangkan keterampilan sosial dalam meningkatkan komunikasi dan interaksi antar siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan alam, pengembangan keterampilan ekologis dimana siswa mampu mengelola alam dengan bijak, pengembangkan kesadaran dan keterlibatan dengan berpartisipasi secara aktif dengan alam, dan mengembangkan keterampilan adaptasi terhadap lingkungan yang sebelumnya mereka nilai kotor atau menjijikan Kata Kunci: Upaya Sekolah Alam, Sosialisasi, Nilai Peduli Lingkungan. ABSTRACT The value of caring for the environment is a standard of norms, attitudes and actions of individuals who strive to maintain, preserve and improve environmental conditions, starting from preventing environmental damage to active efforts in repairing existing damage. The efforts of Al-Karim Nature School in socializing the value of environmental care are activities or efforts carried out by Al-Karim Nature School which are based on emphasizing student interaction with the outdoors in terms of learning habits, values, and social norms related to environmental sustainability. Based on the above problems, the author formulates several problem formulations. First, how are the efforts made by SD Alam Al-Karim in socializing the value of caring for the environment in students? And second, how is the impact of the socialization process on the students of SD Alam Al-Karim? The purpose of this study was to find out what efforts SD Alam Al-Karim made in socializing the value of environmental care to students, to find out the impact of the socialization process on SD Alam Al-Karim students. The method used in this study uses qualitative with descriptive nature and uses the type of field research (Field reserch). Data collection methods are observation, interviews and documentation. The data analysis in this study uses a method consisting of data collection, data reduction, data presentation and data verification. Selection of informants in this study. The results of this study indicate that the efforts made by Al Karim Nature Elementary School in socializing the value of environmental care to students are applied through school programs. SD Alam Al-Karim created a nature program that teaches students to care and love the environment. These programs are ant operations before learning, snack time, visits to zoos, river treks, and family camps. Then then the impact of the socialization process carried out by SD Alam Al-Karim on students, with the existence of natural programs carried out as a form of habituation and instilling values and norms. The socialization process at SD Alam Al-Karim students has an impact on student development, namely students becoming easier to develop identities and competencies that are accommodated through extracurricular activities, developing social skills in improving communication and interaction between students and students, students and teachers and students with nature, developing ecological skills where students are able to manage nature wisely, developing awareness and involvement by actively participating with nature, and developing adaptation skills to an environment that they previously considered dirty or disgusting. Keywords: Nature School Efforts, Socialization, Environmental Care Values.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Sosiologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:48 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:48 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |