Riska, Tri Julia (2024) PENGARUH KEMUDAHAN AKSES DAN KEAMANAN APLIKASI TERHADAP LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN M-BANKING BSI DENGAN KELENGKAPAN FITUR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2020-2023). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Perbankan memanfaatkan laju perkembangan teknologi untuk menarik nasabah agar menginvestasikan dananya dengan segala kemudahan dan keamanan. Kemudahan dan keamanan pada aktivitas yang dilakukan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menarik penggunaan Internet banking agar menjadi loyal. Namun Jumlah pengguna BSI Mobile terus meningkat, akan tetapi tingkat loyalitas pelanggan yang menurun dan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemudahan Akses dan Keamanan Aplikasi Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan M-Banking Dengan Kelengkapan Fitur Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung ). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN RIL. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4.951. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Slovin sebanyak 98 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS)-SEM dengan menggunakan alat analisis data SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan Kemudahan Akses tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, Keamanan Aplikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas., Kemudahan Akses berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan fitur, Keamanan Aplikasi berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan fitur, Kelengkapan Fitur berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, Kelengkapan Fitur mampu memediasi hubungan signifikan antara Kemudaha Akses terhadap Loyalitas, Kelengkapan Fitur mampu memediasi hubungan signifikan antara Keamanan Aplikasi terhadap Loyalitas pada mahasiswa pengguna mobile banking di fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Raden Intan Lampung. Kata kunci : Kemudahan akses, Keamanan aplikasi, Loyalitas , dan Kelengkapan fitur. ABSTRACT Banking utilizes the pace of technological development to attract customers to invest their funds with all the convenience and security. Convenience and security in business activities to meet customer needs and attract the use of Internet banking to become loyal. However, the number of BSI Mobile users continues to increase, but the level of customer loyalty is decreasing and not yet optimal. This study aims to determine the Ease of Access and Application Security on Customer Loyalty Using M-Banking with Complete Features as an Intervening Variable (Study on Students of the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung). This research is a quantitative study using primary data collection techniques by distributing questionnaires to Students of the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN RIL. The population in this study was 4,951. Sampling was carried out using the Slovin method with 98 respondents. The data analysis method used in this study is Partial Least Square (PLS)-SEM using the SmartPLS 4.0 data analysis tool. The results of the study show that Ease of Access has no significant effect on Loyalty, Application Security has no significant effect on Loyalty, Ease of Access has a significant effect on feature completeness, Application Security has a significant effect on feature completeness, Feature Completeness has a significant effect on Loyalty, Feature Completeness is able to mediate a significant relationship between Ease of Access and Loyalty, Feature Completeness is able to mediate a significant relationship between Application Security and Loyalty in students who use mobile banking at the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung. Keywords: Ease of access, Application security, Loyalty, and Completeness of feature.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:58 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 04:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |