Ajeng, Aprilia Putri (2024) FUNGSI MANAJEMEN PELAYANAN HAJI DAN UMRAH DI KBIH-U AL-IKHWAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Peran KBIH-U sangat membantu pemerintah dalam hal membimbing akan pengetahuan tentang pelaksanaan haji dan juga umrah, maka dengan itu KBIH-U harus mampu menerapkan fungsi manajemen yang berbasis mutu pelayanan. Untuk itu penulis mencoba mangungkapkan permasalahan yang terjadi di KBIH-U secara umum. Namun, untuk menfokuskan penulis mengambil dua permasalahan untuk dapat menghasilkan sebuah penelitian yang bernilai fungsi manajemen pelayanan haji dan umrah di KBIH-U Al-ikhwan Bandar Lampung, faktor pendukung dan penghambat fungsi manajemen pelayanan haji dan umrah di KBIH-U Al-ikhwan. Metode penelitian tersebut dibahas melalui studi lapangan dengan meneliti fungsi manajemen pelayanan yang diambil dari KBIHU Al-ikhwan. Adapun permasalahan peneliti yaitu metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menganalisa dengan pendekatan fungsi manajemen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan peneliti yaitu fungsi manajemen pelayanan haji dengan menerapkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor penghambat dan pendukung di KBIHU Al ikhwan. Adapun kesimpulannya KBIHU Al-ikhwan Bandar Lampung menerapkan fungsi manajemen yang baik sehingga dalam memberikan pelayanan haji dan umrah dengan baik dan optimal, hal itu dapat membantu meninjau faktor penghambat dan pendukung yang ada di KBIHU Al-ikhwan sehingga tidak mengganggu kinerja pelayanan. ABSTRACT The role of KBIH-U is very helpful for the government in terms of guiding knowledge about the implementation of the hajj and umrah, therefore KBIH-U must be able to implement a management function based on service quality. For that, the author tries to reveal the problems that occur in KBIH-U in general. However, to focus the author takes two problems to be able to produce a valuable study of the function of hajj and umrah service management at KBIH-U Al-ikhwan Bandar Lampung, supporting factors and inhibiting functions of hajj and umrah service management at KBIH-U Al-ikhwan. The research method is discussed through a field study by examining the service management function taken from KBIHU Al ikhwan. The researcher's problem is that the method used is a qualitative descriptive approach that analyzes with a management function approach. The data collection methods used are observation, interviews and documentation. Based on the researcher's findings, namely the function of Hajj service management by implementing planning, organizing, implementing and evaluating. There are inhibiting and supporting factors in KBIHU Al ikhwan. In conclusion, KBIHU Al-ikhwan Bandar Lampung implements good management functions so that in providing good and optimal Hajj and Umrah services, it can help review the inhibiting and supporting factors in KBIHU Al-ikhwan so as not to interfere with service performance.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 07:01 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 07:01 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |