DELLA, AMELYA (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN IKLAN ISLAMI TERHADAP REPUTASI PERUSAHAAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Pengguna Shopeefood Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility dan Iklan Islami terhadap Reputasi Perusahaan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel interverning pada pengguna aplikasi Shopeefood di Kota Bandar Lampung serta melihat bagaimana Corporate Social Responsibility, Iklan Islami, Reputasi Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan dalam perspektif bisnis islam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan sebuah kuisioner berbentuk google form. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopeefood dan berdomisili di Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel adalah non-probability dengan teknik purposive sampling, dan menggunakan alat analisis SEM (structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan hasil olah data yang didapatkan menggunakan smartpls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility dan Iklan Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap Reputasi Perusahaan. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Reputasi Perusahaan. Variabel Kepuasan Pelanggan menjadi mediasi pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan. Sementara, Kepuasan Pelanggan tidak mampu memediasi pengaruh Iklan Islami terhadap Reputasi Perusahaan. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Iklan Islami, Reputasi Perusahaan, Kepuasan Pelanggan.; ABSTRACT This study aims to test the influence of Corporate Social Responsibility and Islamic Advertising on Corporate Reputation with Customer Satisfaction as an intervening variable on Shopeefood application users in Bandar Lampung City and to see how Corporate Social Responsibility, Islamic Advertising, Corporate Reputation and Customer Satisfaction are in the perspective of Islamic business. This study uses a quantitative approach, data collection is carried out through a survey with a questionnaire in the form of a google form. The population in this study are Shopeefood application users and domiciled in Bandar Lampung City. The sample of this study was 100 respondents using a non-probability sampling method with a purposive sampling technique, and using SEM (structural equation modeling) analysis tools using Partial Least Square (PLS) and the results of data processing obtained using smartpls. The results of the study indicate that the variables of Corporate Social Responsibility and Islamic Advertising have a positive and significant effect on Corporate Reputation. Customer Satisfaction has a positive and significant effect on Corporate Reputation. The Customer Satisfaction variable mediates the influence of Corporate Social Responsibility on Corporate Reputation. Meanwhile, Customer Satisfaction is unable to mediate the influence of Islamic Advertising on Corporate Reputation. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Iklan Islami, Reputasi Perusahaan, Kepuasan Pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 04:43 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 04:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |