ANALISIS HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV MIS MASYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

SEFTIA, HANA PUTRI (2024) ANALISIS HAMBATAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV MIS MASYARIQUL ANWAR 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEFTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hambatan pendidik dalam penerapan kurikulum merdeka di kelas IV. Penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar, yang telah terjalankan kesemua jenjang kelas dari kelas I-kelas VI, yang dimulai dari tahun ajaran 2024/2025. Kurikulum merdeka saat ini sudah terjalankan dengan baik. Konsep kuriklum merdeka belajar merupakan upaya untuk mewujudkan peserta didik yang lebih aktif, mandiri dalam berpikir baik berpikir secara kreatif dan kritis. Kurikulum merdeka merupakan rekontruksi sistem pendidikan dalam rangka menyongsong perubahan dan kemajuan bangsa yang dapat menyesuiakan era 5.0 society. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Penelitian ini bersumber pada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi seperti foto dan video yang dilakukan peneliti di sekolah/kelas prihal untuk melihat hambatan apa yang terjadi dalam pengimplemantasian kurikulum merdeka. Data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa buku, dan modul mengenai kurikulum merdeka di sekolatah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran di kelas. Pendidik juga menyusun CP, TP, dan ATP serta modul ajar yang sesuai dengan konsep kurikulum merdeka sekarang. Kurikulum Merdeka sudah terjalankan dengan baik, terdapat beberapa hambatan yang ada dalam penerapan pembelajaran berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Evalusi pembelajaran dalam kurikulum merdeka sudah terjalankan dengan maksimal. Kata Kunci: Analisis, Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan iii ABSTRACT This research was conducted to determine the obstacles educators face in implementing the independent curriculum in class IV. This research was also motivated by MIS Masyariqul Anwar 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung which has implemented an independent learning curriculum, which has been implemented at all grade levels from class I to class VI, starting from the 2024/2025 academic year. The independent curriculum is currently being implemented well. The concept of an independent learning curriculum is an effort to create students who are more active, independent in thinking both creatively and critically. The independent curriculum is a reconstruction of the education system in order to meet the changes and progress of the nation that can adapt to the era of 5.0 society. This type of research uses a qualitative descriptive method using observation, interview and documentation data collection techniques. This research comes from primary data and secondary data. Primary data in this research is in the form of interviews, observation results, and documentation such as photos and videos carried out by researchers in particular schools/classes to see what obstacles occur in implementing the independent curriculum. Secondary data in this research is in the form of books and modules regarding the independent curriculum at the school. The research results show that curriculum planning is independent in classroom learning. Educators also prepare CP, TP, and ATP as well as teaching modules that are in accordance with the current independent curriculum concept. The Merdeka Curriculum has been implemented well, there are several obstacles in implementing learning based on the Strengthening Pancasila Student Profile Project. Evaluation of learning in the independent curriculum has been carried out optimally. Keywords: Analysis, Independent Curriculum, Implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:11
Last Modified: 21 Nov 2024 04:11
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36351

Actions (login required)

View Item View Item