PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 WAY DADI BANDAR LAMPUNG

Tarisa, Amanda Putri (2024) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 WAY DADI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi  bab 1 & bab 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Full Tarisa Amanda Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematika sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. pemahaman konsep yang baik menjadi dasar untuk pengembangan materi berikutnya. berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan tambahan model pembelajaran bervariasi sehingga peserta didik menjadi lebih aktif, memotivasi dan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika. Peneliti melakukan penelitian menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME). rumusan dalam penelitian ini yaitu adalah apakah terdapat pengaruh model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas V SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas V SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequvalent Control Group Design. Teknik sampling Yang digunakan adalah Cluster Sampling (Area Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengolahan data hasil analisis uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas sampel tersebut normal dan homogeny sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan independen simple Test (Uji-T), Dengan taraf signifikan 0.05 (5%) yakni diperoleh 0,000261 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh signifikan dari model Realistic Mathematic Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas V SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Realistic Mathematic Education, Pemahaman Konsep, Matematika ii ABSTRACT The ability to understand mathematical concepts is crucial in mathematics education. A strong grasp of concepts serves as the foundation for the development of subsequent material. Based on preliminary research, the issue underlying this study is the still-low level of students' understanding of mathematical concepts. To address this problem, a variety of learning models are needed to make students more active, motivated, and able to improve their understanding of mathematical concepts during math lessons. Therefore, the researcher conducted a study using the Realistic Mathematics Education (RME) model. The research question in this study is whether there is an effect of the Realistic Mathematics Education (RME) model on the understanding of mathematical concepts among fifth-grade students at SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. The purpose of this study is to determine the effect of the Realistic Mathematics Education (RME) model on the understanding of mathematical concepts among fifth-grade students at SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. This research is quantitative in nature. The type of research used is Quasi-Experimental with a Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used is Cluster Sampling (Area Sampling). The data collection techniques used are tests and documentation. The data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, and hypothesis testing. Based on the data processing results of the normality and homogeneity tests, it was found that both sample classes are normal and homogeneous. Thus, for hypothesis testing, the Independen Simple Test (T-Test) was used, with a significance level of 0.05 (5%), yielding 0.000261 < 0.05, which indicates that H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore, it can be concluded that there is a significant effect of the Realistic Mathematics Education (RME) model on the understanding of mathematical concepts among fifth-grade students at SDN 2 Way Dadi Bandar Lampung. Keywords: Realistic Mathematics Education Model, Conceptual Understanding, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Nov 2024 07:05
Last Modified: 20 Nov 2024 07:05
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36338

Actions (login required)

View Item View Item