PENGARUH PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 MESUJI

ASNA, HIDAYATUSSALAM (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen (quasy experimental search) dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik XI IPA SMA N 2 Mesuji. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal multiple choice untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Uji hipotesis penelitian menggunakan Uji Manova (Uji Analisis Variansi Multivariat) dengan desain factorial 2 x 2, dengan taraf signifikasi 5% dan sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil uji hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) taraf signifikasi 0,004<0,05 sehingga H0A ditolak dan H1A diterima maka terdapat pengaruh pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap hasil belajar DAN motivasi belajar. 2) taraf signifikansi 0,017 < 0,05 sehingga H0B1 ditolak dan H1B1 diterima maka terdapat pengaruh pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap Hasil Belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi. 3) taraf signifikansi 0,017 < 0,05 sehingga H0B2 ditolak dan H1B2 diterima maka terdapat pengaruh pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap Hasil Belajarpeserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran ii Socio-Scientific Issues (SSI) dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik DAN motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran Socio-Scientific Issues (SSI), Hasil Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2024 07:40
Last Modified: 19 Nov 2024 07:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36324

Actions (login required)

View Item View Item