PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI SD/MI

Santi, Mei Ningsih (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI SANTI MEI NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang ditemukan oleh peneliti dikedua sekolah yaitu belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan, masih menggunakan modul ajar cetak dan belum memiliki bahan ajar modul berupa elektronik sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar modul elektronik, untuk mengetahui kelayakan bahan ajar modul elektronik, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar modul elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development (R&D) adapun prosedur yang digunakan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket yang diberikan kepada tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dan juga diberikan kepada pendidik serta peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Uji Lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan jumlah 15 peserta didik di SDN 1 Kurnia Mataram Lampung Tengah dah uji skala besar dengan jumlah 30 peserta didik di SDN 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa nilai kelayakan produk oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 92% dengan kategori “sangat layak”, ahli media memperoleh nilai rata-rata 83% dengan kategori “sangat layak” dan ahli bahasa 89% dengan kategori “sangat layak”. Angket respon kedua pendidik memperoleh nilai rata-rata 90% dengan ketegori “sangat layak”. Angket respon peserta didik skala kecil memperoleh nilai rata-rata 90% dengan kategori “sangat layak” dan skala besar 91% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul Elektronik, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka. iii ABSTRACT This research and development was carried out based on the problems found by researchers in both schools, namely the unavailability of teaching materials that are in accordance with the curriculum used, still using printed teaching modules and not having electronic teaching modules as teaching materials to support learning projects for strengthening the profile of Pancasila students in the independent curriculum. This research and development aims to determine the development of electronic module teaching materials, to determine the feasibility of electronic module teaching materials, to determine the response of educators and students to electronic module teaching materials. This research uses the research and development method or Research and Development (R&D). The procedure used uses the ADDIE model with 5 stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data collection instrument for this research and development uses a questionnaire given to three experts, namely media experts, material experts and language experts and also given to educators and students with the aim of determining the level of product suitability. The field test consisted of a small scale test with a total of 15 students at SDN 1 Kurnia Mataram, Central Lampung and a large scale test with a total of 30 students at SDN 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung. The results of research and development show that the product feasibility score by material experts received an average score of 92% in the "very feasible" category, media experts obtained an average score of 83% in the "very feasible" category and language experts 89% in the "very feasible" category. worthy". The two educators' response questionnaires obtained an average score of 90% in the "very appropriate" category. The small scale student response questionnaire obtained an average score of 90% in the "very feasible" category and the large scale 91% in the "very feasible" category. In this way, the products developed by researchers can be used and support the learning process. Keywords: Teaching Materials, Electronic Modules, Project for Strengthening Pancasila Student Profiles, Independent Curriculum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:41
Last Modified: 19 Nov 2024 04:41
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36319

Actions (login required)

View Item View Item