APRIYADI, YUSUF (2024) ANALISIS KEMITRAAN SEKOLAH, MASYARAKAT, DAN PEMERINTAH DALAM UPAYA MENCIPTAKAN MUTU PENDIDIKAN YANG BAIK DI SDIT INSAN ROBBANI LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemitraan sekolah dapat dartikan sebagai kerjasama antar lembaga dengan pihak luar untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan yang ingin dicapai biasanya saling menguntungkan antar kedua belah pihak yang terlibat di dalamnya. Kemitraan yang diselenggarakan pada tingkat sekolah dapat mempercepat peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Sebagai bagian dari keberlangsungan pendidikan. Untuk itu, sekolah juga harus beradaptasi dengan perkembangan yang ada ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan kemitraan yang strategis dalam menghasilkan mutu pendidikan yang baik yang dalam hal ini tentu membutuhkan kemitraan dari pihak pihak yang ada dalam lingkungan pendidikan itu, yakni sekolah itu sendiri, pihak masyarakat dan juga pemerintah untuk mewujudkan lembaga mutu pendidikan yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menemukan dan mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi dan tindaklatjut dalam proses Kemitraan Sekolah, Masyarakat, dan Pemerintah dalam Upaya Menciptakan Mutu Pendidikan yang baik di SDIT Insan Robbani Lampung Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tahapan-tahapan Kemitraan yang dilakukan oleh SDIT Insan Robbani dengan Puskesmas dan Orang Tua Siswa pada tahapan membentuk tim kerja kemitraan dimulai dengan pembentukan tim kecil yang bertugas mencari informasi tentang puskesmas untuk melengkapi kebutuhan informasi yang dibutuhkan terkait puskesmas dan juga melakukan tugas untuk menjadwalkan kegiatan antara puskesmas dan sekolah agar bisa berjalan beriringan. 2) Hal-hal yang dilakukan dalam mengidentifikasi titik pangkal adalah: Mengidentifikasi intern lembaga, Merumuskan aspek yang perlu dimitrakan, Menentukan lembaga mitra bersama personel-personel lainnya, Menentukan kesepakatan hak dan kewajiban mitra berdasarkan kesepakatan bersama. 3) Dalam pelaksanaan program kemitraan pada tahapan mengembangkan action plan, sekolah tidak memiliki action plan secara tertulis, ii akan tetapi selalu mengedepankan musyawarah. Musyawarah tersebut secara rutin. Dalam musyawarah tersebut dibahas mengeni action plan. Dan 4) Pelaksanaan tahapan kemitraan dalam evaluasi program kemitraan di sekolah dilaksanakan secara rutin. Akan tetapi karena kontroling bisa dilaksanakan sewaktu-waktu. Sehingga apabila ada suatu hal yang menyimpang dari program, dan dibutuhkan evaluasi seketika itu, maka akan tetap dilaksanakan evaluasi secara incidental. Kata kunci: Kemitraan, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 04:20 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 04:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |