ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK GIFTED AND TALENTED PADA USIA SEKOLAH DASAR: IMPLIKASI PENDIDIKAN DAN TANTANGAN

IQBAL, NIZAR PERDANA (2024) ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK GIFTED AND TALENTED PADA USIA SEKOLAH DASAR: IMPLIKASI PENDIDIKAN DAN TANTANGAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of ARTIKEL IQBAL NIZAR PERDANA.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT This research is intended as a source of in-depth knowledge for academics and school personnel who are interested in identifying approaches to the cognitive development of gifted children. This study uses the systematic literature review (SLR) method. Literature searches are conducted through academic databases such as PubMed, Google Scholar, and PsycINFO and Scopus. The keywords used include "gifted children", "gifted children", "cognitive development", "elementary school age", and other variations. The Bettany-Saltikov scheme can also be used at all stages of research that use the SLR approach. Gifted children exhibit earlier and more advanced cognitive development in perceptual reasoning, abstract thinking, and awareness, which affects their future academic performance, motivation for learning and self-development, and commitment to interests. More specifically, the study shows that although children can achieve Piaget's achievements at an older age and meet them at a consistent pace, the relationship between IQ and Piaget's tasks is more significant in terms of child development. This finding has important implications in the field of education. During childhood, trained school psychologists specializing in gifted education aim to identify gifted children by using intelligence tests and other measuring tools to assess personality, creativity, motivation, and learning styles. Keywords: Cognitive development, giftedness, gifted education, natural development. 1 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan sebagai sumber pengetahuan mendalam bagi para akademisi dan personil sekolah yang tertarik untuk mengidentifikasi pendekatan perkembangan kognitif anak berbakat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis (SLR). Pencarian literatur dilakukan melalui database akademis seperti PubMed, Google Scholar, PsycINFO dan Scopus. Kata kunci yang digunakan meliputi "anak berbakat", "anak berbakat", "perkembangan kognitif", "usia sekolah dasar", dan variasi lainnya. Skema Bettany-Saltikov juga dapat digunakan pada semua tahap penelitian yang menggunakan pendekatan SLR. Anak-anak berbakat menunjukkan perkembangan kognitif yang lebih awal dan lebih maju dalam penalaran perseptual, pemikiran abstrak, dan kesadaran, yang memengaruhi kinerja akademik mereka di masa depan, motivasi untuk belajar dan pengembangan diri, serta komitmen terhadap minat. Secara lebih spesifik, penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun anak-anak dapat mencapai pencapaian Piaget di usia yang lebih tua dan memenuhinya dengan kecepatan yang konsisten, hubungan antara IQ dan tugas-tugas Piaget lebih signifikan dalam hal perkembangan anak. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam bidang pendidikan. Selama masa kanak-kanak, psikolog sekolah terlatih yang berspesialisasi dalam pendidikan berbakat bertujuan untuk mengidentifikasi anak-anak berbakat dengan menggunakan tes inteligensi dan alat ukur lainnya untuk menilai kepribadian, kreativitas, motivasi, dan gaya belajar. Kata Kunci: Perkembangan kognitif, keberbakatan, keberbakatan, perkembangan alami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:45
Last Modified: 19 Nov 2024 02:45
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36314

Actions (login required)

View Item View Item