Jati, Prakoso (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS di MIN 10 Bandar Lampung, siswa terbiasa hanya duduk mendengarkan guru menjelaskan tentang materi pembelajaran tanpa ingin bertanya mengenai hal yang masih belum di mengerti. Hal ini terjadi model yang diberikan pada saat materi kurang mengairahkan atau membosankan, karena itu peneliti akan mencoba menerapan model pembelajaran scramble guna meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus dan setiap pelaksanaannya menggunakan model pembelajaran scramble. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 10 Bandar Lampung yang berjumlah 37 siswa. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi melalui empat tahapan dalam satu siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan tiga siklus dengan dua kali pertemuan dalam siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh niliar rata-rata 53 dengan ketuntasan klasikal 16,66% dengan kriteria gagal. Pada siklus II hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan klasikal 50% dengan kriteria kurang tercapai. Pada Siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan klasikal 83,33% dengan kriteria tercapai. Hal ini menunjukan dari siklus I sampai III rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar ii ABSTRACK This research is motivated by the problem of lack of student learning outcomes in science lessons at MIN 10 Bandar Lampung, students are accustomed to just sitting listening to the teacher explaining the learning material without wanting to ask about things that are still not understood. This happens when the model given when the material is less exciting or boring, therefore the researcher will try to apply the scramble learning model to improve student learning outcomes. This study uses classroom action research (PTK) which is carried out in three cycles and each implementation uses the scramble learning model. The subjects of this study were 37 students of class IV of MIN 10 Bandar Lampung. With data collection techniques through observation through four stages in one cycle, namely planning, implementation, observation and reflection. This study uses qualitative descriptive data analysis techniques. This study was conducted using three cycles with two meetings in the cycle. The results showed that in cycle I, student learning outcomes obtained an average score of 53 with classical completeness of 16.66% with the criteria of failure. In cycle II, students' learning outcomes obtained an average score of 68 with classical completeness of 50% with criteria less achieved. In Cycle III, students' learning outcomes increased by obtaining an average score of 85 with classical completeness of 83.33% with criteria achieved. This shows that from cycle I to III, the average student learning outcomes increased and it can be concluded that the application of the scramble learning model can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Model, Scramble Learning Model, Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:32 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:32 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |