HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Winda, Pitaloka (2024) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI WINDA PITALOKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya hub ungan antara kompetensi pedagogik dan kreativitas mengajar guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain Korelasional. Teknik pengum pulan data dilakukan melalui kuisioner non-tes berupa pernyataan yang disusun menggunakan Skala Likert, serta dokumentasi yang mendukung data penelitian. Populasi penelitian mencakup seluruh Guru di SD Muhammadiyah dengan jumlah total 45 pendidik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Berdasar kan analisis data menggunakan uji Pearson Correlation untuk menge tahui hubungan antara variabel kompetensi pedagogik dan kreativitas mengajar guru. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kreativitas mengajar guru, dengan nilai koefisien korelasi (Pearson Correlation) sebesar 0,804 dan tingkat signifikansi 0,000 (p ≤ 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kompetensi pedagogik yang di miliki guru, maka semakin tinggi pula kreativitas dalam mengajar. Maka hasil dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dan kreativitas mengajar guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kreativitas Mengajar Guru ii ABSTRACT This research aims to analyze whether there is a relationship between pedagogical competence and teachers' teaching creativity at SD Mu hammadiyah 1 Bandar Lampung. The study employs a quantitative approach with a correlational design. Data collection techniques were conducted through a non-test questionnaire using statements orga nized on a Likert scale, as well as supporting documentation to sub stantiate the research data. The research population consists of all teachers at SD Muhammadiyah, totaling 45 educators. The sampling technique uses a saturated sampling method. Based on data analysis using the Pearson Correlation test to determine the relationship be tween the variables of pedagogical competence and teaching creativi ty, the results show that there is a significant positive correlation be tween pedagogical competence and teaching creativity, with a correla tion coefficient (Pearson Correlation) of 0.804 and a significance level of 0.000 (p ≤ 0.05). This indicates that the higher the pedagogical competence possessed by teachers, the higher their creativity in teach ing. Therefore, it can be concluded that H_o is rejected, and H_a is accepted, meaning there is a significant relationship between pedagog ical competence and teachers' teaching creativity at SD Muhammadi yah 1 Bandar Lampung. Keywords: Pedagogical Competence, Teacher Teaching Creativity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:52
Last Modified: 18 Nov 2024 03:52
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36305

Actions (login required)

View Item View Item