GELAR, RAMADHAN (2024) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) SUKARAME KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Manajemen pelayanan publik adalah proses penerapan ilmu dan seni untuk menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengoordinasikan dan menyelesaikan aktivitas-aktivitas pelayanan guna tercapainya tujuan pelayanan atau dengan kata lain, manajemen pelayanan publik adalah suatu proses perencanaan dan pengimplementasian serta mengarahkan atau mengkoordinasikan penyelasaian aktivitas-aktivitas pelayanan publik demi tercapainya tujuan-tujuan pelayanan publik yang telah ditetapkan. Kantor urusan agama (KUA) Sukarame Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung merupakan kantor yang melaksakan sebagian tugas kantor Kementerian Agama dalam pelaksanaan pencatatan pernikahan, rujuk, mengurus dan membangun masjid, wakaf, infaq, shodaqoh, ibadah sosial, kependudukan, dan pengembangan keluarga sakinah sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis lapangan (field reseach ) yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada pengamatan fenomena dan memerlukan insting yang tajam dari peneliti. Maksudnya, melakukan pendekatan investigasi, peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang penulis teliti, bukan berarti untuk menguji atau mencari teori baru. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian ini adalah Manajemen Pelayanan Publik di Kantor Urusan Agama (KUA) Sukarame Kecamatan Sukarame Kota Bandar lampung, dengan hasil penelitian meunjukkan bahwa Manajemen Pelayanan Publik di KUA diberikan secara prima, untuk memberikan kepuasan pada masyarakat. Pelayanan yang diberikan cepat, handal, dan amanah. Dalam melaksanakan pelayanan publik (KUA) sukarame kecamatan sukarame kota bandar lampung menggunakan empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku artinya bahwa manajemen pelayanan sudah berjalan dengan baik dan telah menggunakan manajemen yang baik. Kata Kunci: Manajemen dan Pelayanan Publik, Kantor Urusan Agama (KUA). ABSTRACT Public service management is the process of applying science and art to plan, implement plans, coordinate and complete service activities in order to achieve service goals or in other words, public service management is a process of planning and implementing as well as directing or coordinating the completion of service activities. the public in order to achieve the goals of public service that have been set. The Religious Affairs Office Sukarame, Sukarame District, Bandar Lampung City is an office that carries out some of the duties of the Office of the Ministry of Religion in carrying out marriage registration, reconciliation, managing and building mosques, waqf, infaq, shodaqoh, social worship, demography, and developing a sakinah family in accordance with established policies. The type of research used is field research, namely research that is directly carried out in the field or on respondents. This research is descriptive qualitative in nature, namely research that emphasizes more on observing phenomena and requires sharp instincts from researchers. That is, taking an investigative approach, the researcher collects data face to face and interacts with people in the research area. Providing explanations and answers to the main issues that the author examines, does not mean to test or look for new theories. Data collection methods are interviews, observation and documentation. The analysis of this research is Public Service Management at the Religious Affairs Office Sukarame, Sukarame District, Bandar Lampung City. The services provided are fast, reliable and trustworthy. In carrying out public services Sukarame, Sukarame Subdistrict, Bandar Lampung City uses four management functions, namely planning, organizing, actualizing and evaluating in accordance with applicable regulations, meaning that service management has been going well and has used good management. Keywords: Public service and management, Religious Affairs Of.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:47 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:47 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |