ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG KELAS IV DI MIS/MMA IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

YETI, LESTARI (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG KELAS IV DI MIS/MMA IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 YETI.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI YETI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Lampung kelas IV di MIS/MMA IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari narasumber mengenai kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Lampung, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan hasil dokumentasi pelengkap data sebelumnya. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Lampung dari 28 peserta didik, sebanyak 11 peserta didik mendapatkan nilai di bawah KKM, dan 17 peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM. Pada pengamatan yang telah peneliti lakukan, peserta didik mengalami kesulitan belajar bahasa Lampung sering melakukan kekeliruan dalam belajar menulis aksara Lampung. Kesulitan yang sering dialami oleh peserta didik yaitu kesulitan saat menterjemahkan aksara Lampung karena kurang memahami aksara Lampung. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Peserta Didik, Bahasa Lampung. ii ABSTRACT This research aims to describe students' learning difficulties in Lampung language subjects. In this research, researchers used descriptive research with a qualitative approach. The aim of this research is to determine the learning difficulties of students in class IV Lampung language subjects at MIS/MMA IV Sukabumi Bandar Lampung. This research uses interview, observation and documentation data collection techniques. Primary data was obtained directly from sources regarding students' learning difficulties in Lampung language subjects, while secondary data was in the form of theories and documentation results that complement previous data. Descriptive method with a qualitative approach, through data analysis using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research showed that out of 28 students, 11 students scored below the KKM in Lampung language subjects, 11 students scored below the KKM, and 17 students scored above the KKM. In the observations that researchers have made, students who have difficulty learning Lampung language often make mistakes in learning to write Lampung script. The difficulties often experienced by students are difficulties when translating Lampung script because they don't understand Lampung script. Keywords: Students’ Learning Difficulties, Lampung Language.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:55
Last Modified: 14 Nov 2024 02:55
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36280

Actions (login required)

View Item View Item