Tri, Agustina (2024) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di MIN 10 Bandar Lampung yaitu kurangnya kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang memerlukan aktivitas mental yang tinggi dalam menyelesaikan suatu pertanyaan atau soal matematika yang tidak rutin. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa siswa tidak mudah dalam menyelesaikan masalah matematika, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pendekatan problem solving merupakan pendekatan pembelajaran dalam menyelesaikan permasalahan non-rutin yang dilakukan melalui kegiatan memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali masalah yang sudah diselesaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi exsperimental design dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas 4 MIN 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 106 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 peserta didik yaitu kelas 4B berjumlah 36 siswa dan kelas 4C berjumlah 36 siswa. Kelas 4B sebagai kelas kontrol menggunakan pendekatan matematika realistik dan kelas 4C sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekata problem solving. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal essay. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes uji coba dan dihitung validitas dan rehabilitas kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t, sebelum dilakukan uji-t data di uji prasyarat analisis nya terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan homogen pengujian data hasil analisis normalotas dan homogenitas diperoleh bahwa sampel tersebut berdistribusi normal dan atau varians sama sehingga pengujian hipotesismenggunakan Independent t-test (uji-t) dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05), yakni diperoleh nilai Sig = 0,002 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kela IV MIN 10 Bandar Lampung. Kata kunci: Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika iii ABSTRACT This research was motivated by the problem that researchers found at MIN 10 Bandar Lampung, namely the lack of problem solving abilities in students' mathematics learning. Mathematical problem solving ability is an ability that requires high mental activity in solving non-routine mathematical questions or problems. Facts in the field show that students do not easily solve mathematical problems, so a learning approach is needed that can improve students' mathematical problem solving abilities. The problem solving approach is a learning approach in solving non-routine problems which is carried out through activities of understanding the problem, planning problem solving, carrying out problem solving planning, and re-examining problems that have been resolved. This research is quantitative research with experimental research methods. The type of research used is quasi experimental design with a posttest-only control design. The population in this study was all students in class 4 MIN 10 Bandar Lampung for the 2024/2025 academic year, totaling 106 students. The sample in this study consisted of 72 students, namely class 4B with 36 students and class 4C with 36 students. Class 4B as a control class uses a realistic mathematical approach and class 4C as an experimental class uses a problem solving approach. The data collection technique used was essay questions. Before carrying out research, the instrument is tested and the validity and rehabilitation are calculated, then the research hypothesis is tested using the t-test, before the t-test is carried out, the data is tested for prerequisite analysis first using normality and homogeneity tests. Based on testing the data from normality and homogeneity analysis, it was found that the sample had a normal and homogeneous distribution or equal variance so that hypothesis testing used the Independent t-test (t-test) with a significance level of 5% (α = 0.05), namely the Sig value = 0.002. which means H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence of the problem solving approach on problem solving abilities in mathematics learning class IV MIN 10 Bandar Lampung. Keywords: Problem Solving Approach, Problem Solving Ability, Mathematics
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 06:59 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 06:59 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |