ANNISA, NOVIANTI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF ROHIS DALAM PEMBINAAN IBADAH DI MAN 1 OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi komunikasi persuasif dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, yakni mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku komunikan atau audiens. Ditemukan banyak generasi muda seperti anak sekolah yang terlibat dalam tindakan-tindakan atau perilaku menyimpang jauh dari aturan hukum, sosial, dan tidak sesuai aturan agama serta kurangnya intensitas dalam beribadah. Rohis MAN 1 Oku Timur sebagai organisasi keagamaan di sekolah aktif menjalankan kegiatan keagamaan seperti pembinaan ibadah guna mendorong siswa/I untuk memiliki intensitas beribadah yang lebih baik memerlukan strategi komunikasi persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif ROHIS dalam pembinaan ibadah di MAN 1 OKU Timur. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer ditentukan dengan metode purposive sampling dari jumlah keseluruhan yaitu 60 anggota rohis, 2 pembina rohis dan 1207 siswa dengan mengambil 6 informan yaitu 1 Pembina Rohis, 2 pengurus rohis yakni ketua umum dan anggota bidang duha, dan 3 siswa. Sumber data sekunder yang diperoleh bersumber dari dokumentasi berupa foto-foto dan beberapa teori yang mendukung terkait dengan pembahasan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi persuasif dan pembinaan ibadah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif ROHIS dalam pembinaan ibadah di MAN 1 OKU Timur memakai semua strategi yang dinyatakan oleh Melvin L DeFleur dan Sandra J.Ball-Roceach yaitu pertama strategi the meaning construction bahwa pengetahuan akan membentuk perilaku seseorang terbukti rohis memberikan pengetahuan keutamaan solat duha kepada siswa. Kedua strategi persuasi sosiokultural yang memanfaatkan faktor lingkungan terbukti interaksi teman sebaya dapat mempersuasi, Ketiga strategi psikodinamika yang melibatkan emosional dan faktor kognitif dalam mempersuasif untuk melihat fenomena lingkungan. Dan bentuk ibadah dalam penelitian ini yaitu ibadah mahdah hubungan vertical manusia dengan Allah seperti solat wajib dan sunnah seperti solat duha. Dan bantuk Ibadah ghairu mahdah hubungan horizontal sesama manusia seperti infaq, bakti sosial, dan zakat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Persuasif, Rohis, Pembinaan Ibadah. ABSTRACT Persuasive communication strategies are carried out to achieve a goal, namely influencing the attitudes, opinions and behavior of the communicant or audience. It was found that many young people, such as school children, were involved in deviant actions or behavior that were far from legal, social and non-religious regulations and lacked intensity in worship. Rohis MAN 1 East Oku as a religious organization in the school actively carries out religious activities such as coaching worship to encourage students to have better intensity of worship, requiring persuasive communication strategies. The aim of this research is to determine ROHIS' persuasive communication strategies in fostering worship at MAN 1 OKU Timur. This research method uses a type of field research with a qualitative descriptive approach. Primary data sources were determined by purposive sampling method from a total of 60 Rohis members, 2 Rohis coaches and 1207 students by taking 6 informants, namely 1 Rohis coach, 2 Rohis administrators namely the general chairman and members of the duha field, and 3 students. Secondary data sources obtained come from documentation in the form of photographs and several supporting theories related to the researcher's discussion. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. Data analysis techniques by means of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The theories in this research are persuasive communication strategies and worship coaching. The results of the research show that the persuasive communication strategy ROHIS in worship training at MAN 1 OKU Timur uses all the strategies stated by Melvin L DeFleur and Sandra J.Ball-Roceach, namely the first strategy which means the construction that knowledge will shape a person's behavior, it is proven that Rohis provides knowledge of the virtues of prayer. duh to the students. The second sociocultural persuasion strategy which utilizes environmental factors is proven to be persuasive by peer interactions. The third psychodynamic strategy involves emotional and cognitive factors in being persuasive to see environmental phenomena. And the form of worship in this research is mahdah worship, a vertical relationship between humans and Allah, such as obligatory and sunnah prayers such as the duha prayer. And the form of ghiru mahdah worship is horizontal relations between humans such as infaq, social service and zakat. Keywords : Persuasive Communication Strategy, Rohis, Worship Development.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:14 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:14 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |