ANDRI, HIDAYAT (2024) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BENGKUNAT PESISIR BARAT LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (951kB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bengkunat, Pesisir Barat, Lampung. Konseling kelompok ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi siswa melalui penghargaan atas perilaku positif yang mereka tunjukkan. Teknik reinforcement positif diterapkan guna mendorong siswa lebih bersemangat dalam belajar, memperbaiki ketekunan, dan meningkatkan partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bengkunat yang teridentifikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti dengan peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar serta perbaikan hasil akademik. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa teknik reinforcement positif dapat digunakan secara efektif dalam layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar. Intervensi ini mampu membantu siswa menjadi lebih termotivasi dan disiplin dalam belajar, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap prestasi akademik yang lebih baik. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Reinforcement Positive, Motivasi Belajar ii ABSTRACT This study aims to describe the implementation of group counseling using positive reinforcement techniques to enhance the learning motivation of 10th-grade students at SMA Negeri 1 Bengkunat, Pesisir Barat, Lampung. The group counseling approach is designed to provide support to students by rewarding positive behaviors. The positive reinforcement technique is applied to encourage students to become more enthusiastic in learning, improve perseverance, and increase participation in learning activities. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The subjects of the study were 10th-grade students at SMA Negeri 1 Bengkunat, identified as having low learning motivation. The results of this study show that the implementation of group counseling using positive reinforcement techniques effectively increases students' learning motivation, as evidenced by greater engagement in the learning process and improved academic performance. The findings indicate that positive reinforcement techniques can be effectively used in guidance and counseling services to improve learning motivation. This intervention helps students become more motivated and disciplined in their studies, ultimately contributing to better academic achievement. Keywords: Group Counseling, Reinforcement Positive, learning motivation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:48 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:48 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |