PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

ANNISA, YUDISTIRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISA YUDISTIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV ini terlihat dari hasil ulangan harian Bahasa Indonesia yang masih tergolong terdah. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV di MIN 5 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2024/2025. Dengan sampel sebanyak 60 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probability untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran mnemonic dan kelas IV C sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran audiotory intellectually repitition (AIR). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Quasy Eksperimental, dan desain penelitiannya prettest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 soal dan data penelitian ini di analisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotest uji-T untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di MIN 5 Bandar lampung. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji-T dengan menggunakan SPSS 29.0 hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai Sig 0,028. Karena nilai Sig 0,028<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik di kelas IV MIN 5 Bandar Lampung Kata Kunci : Model Pembelajaran Mnemonic, Hasil Belajar, Quasy Eksperimental iii ABSTRACT Based on the pre-research activities that have been carried out, the problem behind this research is that the low results of learning Indonesian for class IV can be seen from the results of daily Indonesian language tests which are still classified as low. This research was conducted in class IV at MIN 5 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year. With a sample of 60 students. Sampling uses non-probability sampling techniques to determine the experimental class and control class. Class IV B as the experimental class was treated using the mnemonic learning model and class IV C as the control class was treated using the audiotory intellectually repitition (AIR) learning model. This research uses a quantitative approach with the type of research being Quasy Experimental, and the research design is pretest-posttest control group design. This research instrument uses a test instrument in the form of multiple choice questions totaling 25 questions and this research data is analyzed using the prerequisite test and the T-test hypothesis test to find out whether there is an influence of the mnemonic learning model on the Indonesian language learning outcomes of class IV students at MIN 5 Bandar Lampung. . Based on the research results and T-test calculations using SPSS 29.0, the results of the hypothesis test calculations obtained a Sig value of 0.028. Because the Sig value is 0.028 <0.05, it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected. This means that there is an influence of the mnemonic learning model on learning outcomes in Indonesian language subjects for students in class IV MIN 5 Bandar Lampung. Keywords: Mnemonic Learning Model, Learning Outcomes, Experimental Quasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:32
Last Modified: 11 Nov 2024 06:32
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36232

Actions (login required)

View Item View Item