PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, E-WOM DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION DI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pembeli Produk Fashion di Shopee Pada Generasi Z di Bandar Lampung)

Seri, Winingsih (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, E-WOM DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION DI SHOPEE DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pembeli Produk Fashion di Shopee Pada Generasi Z di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 SERI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SERI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan E-Commerce seperti shopee telah mempermudah konsumen dalam bertransaksi jual-beli. Konsumen kini tidak perlu lagi pergi ke toko fisik. Meskipun demikian, kemudahan yang ditawarkan masih terdapat masalah dalam jual beli Online , seperti masalah penipuan dan keamanan produk, selain itu juga tentang persaingan harga dan kualitas, dalam pasar yang kompetitif, konsumen seringkali kesulitan memilih produk yang terbaik dengan harga yang wajar. Penelitian ini menggunakan teori perilaku konsumen, teori digital marketing, teori Celebrity Endorser, teori E WOM ,teori kepercayaan dan teori keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data primer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan kuesioner dan metode penelitian survei. Untuk menentukan sampel pada penelitian ini, maka penulis menggunakan teknik sampling yaitu probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: (1) secara persial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Celebrity Endorserterhadap keputusan pembelian produk fashion di shopee (2) secara persial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara E-WOM terhadap keputusan pembelian produk fashion di shopee (3) secara persial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan terhadap keputusan pembellian produk fashion di shopee (4) secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Celebrity Endorser, E-WOM dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk fashion di shopee Kata Kunci : Celebrity Endorser, E-WOM, Kepercayaan, Keputusan Pembelian. ABSTRACT The existence of E-Commerce such as Shopee has made it easier for consumers to make buying and selling transactions. Consumers now no longer need to go to physical stores. However, the convenience offered still has problems in online buying and selling, such as fraud and product security issues, in addition to price and quality competition, in a competitive market, consumers often have difficulty choosing the best product at a reasonable price. This study uses consumer behavior theory, digital marketing theory, Celebrity Endorser theory, E-WOM theory, trust theory and purchasing decision theory. This study uses a quantitative research method with primary data. The type of research used is causal associative research using questionnaires and survey research methods. To determine the sample in this study, the author uses a sampling technique, namely probability sampling with a purposive sampling method. The analysis method used to test the research hypothesis is multiple linear regression analysis processed with the SPSS program. Based on the results of the research that has been carried out, it shows that: (1) partially there is a positive and significant influence between Celebrity Endorsers on the decision to purchase fashion products on Shopee (2) partially there is a positive and significant influence between E-WOM on the decision to purchase fashion products on Shopee (3) partially there is a positive and significant influence between trust on the decision to purchase fashion products on Shopee (4) simultaneously there is a positive and significant influence between Celebrity Endorsers, E-WOM and trust on the decision to purchase fashion products on Shopee Keywords: Celebrity Endorsers, E-WOM, trust, purchase decision.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:31
Last Modified: 07 Nov 2024 06:31
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36214

Actions (login required)

View Item View Item