PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIMA 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

YULI, MAYANG SARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI MIMA 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKIRPSI_MAYANG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang ditemukan oleh peneliti disekolah yaitu ditujukan ketika pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial terlihat mayoritas peserta didik masih kurang memahami dalam memberikan kesimpulan sederhana. Muatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial termasuk mata pelajaran yang banyak disenangi peserta didik. Pada proses belajar, biasanya pendidik menggunakan model Teacher Center seperti ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Dengan pemakain model ini, pendidik belum maksimal dalam mengembangkan tingkat berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan sebuah masalah terutama dalam bentuk soal cerita atau pertanyaan yang sifatnya kritis. Hal tersbeut tentunya menyebabkan kemampuan berpikir kritis pesrrta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di MIMA 4 Sukabumi Bnadar Lampung Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan penellitian kuantitatif dengan metode Quasy Experiment dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Group Design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 55 peserta didik kelas IV di MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. Yang dijadikan sebagai kelas ekperimen adalah IV A dengan jumlah 28 peserta didik dan yang dijadikan kelas kontrol adalah IV B dengan jumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu berupa pretest dan posttest berupa 25 soal pilihan ganda dan sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada kelas ekperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di peroleh nilai rata-ratanya 85. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model Coopertive Learning dengan rata-ratanya 76. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis data pada pengujian hipotesis hasil yang diperoleh nilai pada sig.(2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka variabel iii independent memiliki pengaruh yang signifikan, artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV di MIMA 4 Sukabumi Banadar Lampung Kata Kunci : Problem Based Learning , Kemampuan Berpikir Kritis iv ABSTRACT This study was conducted based on the problems found by researchers at school, namely when learning Natural and Social Sciences, it was seen that the majority of students still did not understand how to provide simple conclusions. The content of the Natural and Social Sciences subject is a subject that is widely liked by students. In the learning process, educators usually use the Teacher Center model such as lectures, questions and answers and giving assignments. By using this model, educators have not been optimal in developing students' critical thinking levels in solving a problem, especially in the form of story problems or critical questions. This certainly causes students' critical thinking skills to be low. This study aims to determine whether learning Natural and Social Sciences using the Problem Based Learning (PBL) learning model can affect the critical thinking skills of grade IV students at MIMA 4 Sukabumi Bnadar Lampung in the 2024/2025 Academic Year. This type of research uses quantitative research with the Quasy Experiment method and the design used is the Pretest-Posttest Group Design. In this study, the sample used was 55 fourth grade students at MIMA 4 Sukabumi Bandar Lampung. The experimental class was IV A with 28 students and the control class was IV B with 27 students. The data collection technique for students' critical thinking skills was in the form of a pretest and posttest in the form of 25 multiple-choice questions and previously the data was tested for prerequisites with normality and homogeneity tests and then analyzed with a t-test. Based on the results of the study, it is known that in the experimental class with the Problem Based Learning learning model, the average value was 85. While the control class using the Cooperative Learning model had an average of 76. This is proven based on the results of data analysis in the hypothesis testing results obtained values in sig. (2-tailed) obtained 0.000 <0.05 then H0 is rejected and Ha is accepted, then the independent variable has a significant influence, meaning that there is an influence of the Problem Based Learning model on critical thinking skills in the v Natural and Social Sciences subjects of class IV at MIMA 4 Sukabumi Banadar Lampung Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:43
Last Modified: 06 Nov 2024 04:43
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36204

Actions (login required)

View Item View Item