Afifah, Nur Azizah (2024) ANALISIS HAMBATAN PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 26 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdek , serta untuk menegtahui, apasaja hambatan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, dan bagaimana Solusi hambatan yang ada dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 26 Tulang bawang tengah. Penelitian ini dilakukan di SDN 26 Tulang bawang tengah tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan Dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah ibu relaina, dan pendidik yang menerapkan kurikulum merdeka kelas I, II, IV, dan V. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hambatan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, sulit membedakan anatara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka karena Kurikulum Merdeka menekankan pendekatan yang lebih fleksibel dan berbasis pada kebutuhan siswa. Pendidik yang terbiasa dengan metode pengajaran tradisional mungkin merasa kesulitan untuk mengadaptasi cara mengajar mereka agar sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Dan Pelatihan yang tidak memadai atau kurangnya sosialisasi tentang Kurikulum Merdeka dapat membuat pendidik bingung tentang bagaimana cara menyesuaikan materi ajar dan metode pengajaran mereka Jika sumber daya tidak memadai, Guru yang lebih tua mungkin tidak tumbuh dengan teknologi modern, sehingga mereka merasa kurang familiar atau nyaman dengan perangkat dan alat digital terbaru.. kata kunci : kurikulum merdeka, merdeka belajar iii ABSTRACT The purpose of this study was to determine the implementation of the independent curriculum, as well as to find out what the obstacles are in implementing the independent curriculum, and how to solve the obstacles in implementing the independent curriculum at SDN 26 Tulang Bawang Tengah. This research was conducted at SDN 26 Tulang Bawang Tengah in the 2024/2025 academic year. The type of research used in this study is qualitative with a case study design. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The sources of this study were the principal, Mrs. Relaina, and educators who implemented the independent curriculum for classes I, II, IV, and V. The results of this study found several obstacles in implementing the independent curriculum, it is difficult to distinguish between the 2013 curriculum and the independent curriculum because the Independent Curriculum emphasizes a more flexible approach and is based on student needs. Educators who are accustomed to traditional teaching methods may find it difficult to adapt their teaching methods to suit the principles of the Independent Curriculum. And Inadequate training or lack of socialization about the Independent Curriculum can leave educators confused about how to adapt their teaching materials and teaching methods. If resources are inadequate, Older teachers may not have grown up with modern technology, so they feel less familiar or comfortable with the latest digital devices and tools. keywords: independent curriculum, independent learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:36 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:36 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |